Skyscraper
Skyscraper

Manfaat Makanan Pedas Bagi Tubuh, Hati-hati Bagi yang Punya Masalah Lambung

foto

Ajen

ilustrasi makanan pedas

Fakta Indonesia News.com -- Makanan pedas seolah tak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Sambal adalah salah satu contoh makanan yang hampir wajib ada di meja makan. Bahkan, makanan dengan pedas berlevel pun kini menjadi tren.

Namun, fenomena penyuka pedas  ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Banyak negara punya budaya makan pedas , misalnya saja Thailand, Meksiko, China, India, dan Etiopia. Berbahagialah kamu yang berprinsip tiada hari tanpa makanan pedas karena kegemaran ini bisa berbuah manis untuk kesehatan.

Rasa pedas di lidah bukan hanya efektif menambah nafsu makan, tapi juga berkhasiat mengatasi sejumlah keluhan penyakit. Selama berabad-abad, cabai telah digunakan sebagai obat untuk peradangan serta melancarkan sirkulasi darah. Faktanya, dengan darah yang mengalir lebih cepat, tubuh akan lebih cepat menggantikan sel-sel yang rusak dan juga mengeluarkan toksin dari tubuh.

1. Menurunkan berat badan

Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung. Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga. 

2. Menyehatkan jantung

Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah.

Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

3. Melancarkan sirkulasi darah

Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah.

Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya. 

4. Antikanker

Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya. 

5. Meningkatkan fungsi pencernaan

Manfaat cabai dalam saluran pencernaan adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

6. Flu

Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

7. Tidur nyenyak

Peneliti dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

8. Menjaga mood

Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi

Tentu saja, makanan pedas ini harus dikonsumsi secara bijaksana, terutama jika kamu memiliki perut yang sensitif atau tidak bisa menoleransi makanan pedas. Berdasarkan beberapa penelitian, cabai dan makanan pedas memiliki banyak khasiat. 

(A)

Bagikan melalui
Berita Lainnya