Skyscraper
Skyscraper

TNI AL Gadungan Ditangkap Personel Pos TNI AL di Rumah Calon Korban

foto

Sukabumi, Fakta Indonesia News.Com - Anggota Marinir gadungan Anselmus Dacosta (49) tak berkutik saat personel Pos TNI Angkatan Laut (AL) dan Koramil Palabuhanratu membekuknya di rumah calon korban. Marinir gadungan berpangkat Peltu itu sebelumnya mengaku bisa merekrut korban menjadi anggota TNI dengan menyerahkan sejumlah uang.

Peristiwa berawal saat pelaku bertemu dengan Rendi pegawai bengkel pada Selasa (18/6/2019). Saat itu Dacosta mengeluh mobilnya mogok di sekitar Lapangan Cangehgar Palabuhanratu. Setelah diperiksa, kendaraan pelaku ternyata hanya perlu di 'jumper' dengan aki yang masih hidup. Rendi kemudian membawa aki milik bengkelnya untuk kemudian jumper kendaraan pelaku.

Singkat cerita, kendaraan Dacosta kembali hidup. Ketika melakukan perbaikan itu, Rendi menyampaikan keinginannya untuk menjadi anggota TNI. Saat itu pelaku menyanggupi keinginan Rendi. Setelah itu Dacosta berpamitan seraya pergi membawa aki milik bengkel Rendi tanpa membayar biaya perbaikan.

"Pelaku saat itu mengaku akan mengunjungi Pos AL. Karena kesal menunggu, korban kemudian menagih biaya perbaikan dan mengambil aki milik bengkelnya ke Pos AL Palabuhanratu," kata Komandan Pos TNI AL Palabuhanratu Kapten Maman Badruzaman, Kamis kemarin (20/6/2019). Dikutip dari detiknews.

Setibanya di Pos AL, Rendi kemudian menceritakan tentang pelaku yang memperbaiki kendaraan sekaligus berniat menagih biaya perbaikan dan mengambil aki milik bengkelnya. Mendengar pengaduan itu Maman kemudian menjelaskan tidak ada nama yang dimaksud Rendi di Pos AL Palabuhanratu.

"Saya sempat mengontak Satuan Marinir Antralina. Memang ada anggota bernama Dacosta tapi berpangkat kapten, tapi setelah kita pastikan ternyata bukan. Akhirnya saya sarankan mekanik bengkel tersebut untuk mengambil gambar ketika bertemu lagi dengan pelaku," ucap Maman.

Besoknya atau pada Rabu (19/6/2019) pelaku datang ke kontrakan orang tua Rendi di Campaka Putih, Palabuhanratu. Saat itu ia berbicara soal keinginan Rendi menjadi anggota TNI. Tidak tunggu lama, Rendi kemudian mengambil foto-foto pelaku dan mengirimkannya melalui aplikasi pesan singkat ke Maman.

Dibantu Personel Koramil Palabuhanratu, personel Pos TNI AL Palabuhanratu bergerak dan menangkap Dacosta di rumah Rendi. Setelah dilakukan pemeriksaan, rupanya Dacosta sudah melakukan aksinya sejak 5 tahun lalu. Seragam TNI yang dimilikinya dibeli Rp 300 ribu dari Pasar Senen, Jakarta.

"Dia menyalahgunakan atribut TNI untuk mencari keuntungan. Pelaku juga menjual jasa sebagai penagih utang dan mengurusi jual-beli tanah sengketa. Selain itu dia mengaku bisa merekrut masyarakat menjadi TNI namun dengan imbalan sejumlah uang kisaran Rp 75 juta hingga Rp 100 juta," ujar Maman.

Saat ini pelaku diserahkan ke Polres Sukabumi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. "Karena sipil, dia kita serahkan ke Polres Sukabumi," tutupnya.

(FD)

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Tak Terima Menatap Istrinya, Rizal Pukul Tetangganya
Jual Anak Dibawah Umur, Bekas Caleg Dihukum 5 Tahun Penjara
Setelah Mencabuli Cucu Tirinya Kakek di Majalengka Berikan Uang Rp 10 Ribu
Geng Motor di Garut Bacok Warga yang Sedang Nongkrong
Mantan Kepala Dan Bendahara UPT RSUD Lembang Jadi Tersangka Penggelapan Dana
Polisi Tetapkan Sopir Sebagai Tersangka Kecelakaan Maut di Tol Cipali
Polres Sukabumi Tangkap Seorang Pria yang Diduga Menghabisi Nyawa Amelia Ulfah Sufandi
Delapan Orang Ditetapkan Tersangka Kasus Penyerangan Kafe Tempat Suporter PSM Nobar
Artis Kris Hatta Ditangkap Polisi, Diduga Terlibat Kasus Penganiayaan
Polres Sukabumi Amankan Pria yang Diduga Membunuh Amelia Ulfah Supandi
Satgas Saber Pungli Provinsi Jabar Tangkap Oknum Pegawi Dishub di Kab. Cianjur
Cabuli Turis di Tengah Laut, Pemandu Jetski Dihukum 7 Tahun Penjara
Terpergok Berduaan di Kamar, Sahid Bacok Aini dan Rofli
Polresta Banjarmasin Menangkap Kurir Narkoba, 1 Kg sabu Disita
Simpan Sabu-sabu di Celana, 4 Warga Sumedang Ditangkap Polisi
Sebanyak 48 Ponsel Berhasil di Gasak Perampok Bersenjata Api
Hilang Sepekan, ABG Tasikmalaya Akhirnya Ditemukan di Karawang Bersama Pacarnya
Polisi Tangkap Seorang Pria yang Diduga Pelaku Pembunuh Wanita Setengah Bugil
Komplotan Pembobol Minimarket di Cirebon Berhasil Ditangkap Polisi
Polisi Tangkap Prayanto Terkait Kasus Percobaan Pembunuhan Pada Pacarnya yang Sedang Hamil