Skyscraper
Skyscraper

Pemdaprov Jawa Barat dan PJT Sepakat Kembangkan Pariwisata Air

foto

Administrator

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima jajaran pimpinan Perum Jasa Tirta II di Gedung Pakuan, Jl. Otto Iskandardinata No. 1 Kota Bandung, Jumat 14 Juni 2019.

KOTA BANDUNG, Fakta Indonesia News.Com Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat paham betul bahwa provinsi Jawa Barat merupakan daerah dengan jalur hidrologi terbesar di Indonesia karena berlimpah sungai, danau, waduk, dan irigasi.

Untuk mengeluarkan potensi tersebut, Pemdaprov Jawa Barat bersama Perum Jasa Tirta (PJT) II bersepakat untuk mengembangkan sektor pariwisata air sebagai unggulan. Dengan begitu, jalur hidrologi punya nilai tambah karena tak hanya digunakan sebagai sumber air baku dan pertanian.  

"Yang sama sekali jarang disentuh adalah pariwisata air. Hari ini pariwisata air ini akan menjadi unggulan," ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Pakuan, Jl. Otto Iskandardinata No. 1, Kota Bandung, Jumat (13/6/19).

Menurut Emil –sapaan akrab Ridwan Kamil--, jika hal tersebut dikembangkan secara serius, potensi wisata air di Jawa Barat bisa memberikan nilai tambah secara ekonomi. Apalagi, potensi itu dikelola dan ditata dengan baik. 

"Keuntungannya, bisa meningkatkan nilai tambah ekonomi kepada Jasa Tirta-nya dan bisa meningkatkan kembali ekonomi warga lokal karena mayoritas pasti akan dikelola warga lokal, tapi lebih tertata," katanya.

Salah satu lokasi yang akan disentuh adalah Waduk Jatiluhur. Lokasi ini punya keindahan alam dan merupakan infrastruktur strategis apabila dikembangkan menjadi daerah wisata. Bahkan pada Juli mendatang akan digelar Festival Paddle Board. 

Bahkan, Direktur Utama Perum Jasa Tirta II U Saefudin Nur menyatakan bahwa sektor lain yang bisa dilibatkan untuk wisata Jatiluhur ada pelaku UMKM setempat. "Kita punya lokasi yang sangat indah di Jatiluhur, itu memang potensi aset negara yang strategis untuk pariwisata," ucap Saefudin.

"Termasuk di dalamnya pengembangan UMKM pelaku pariwisata," lanjut pria yang baru menjabat Dirut PJT II pada 6 Maret 2019. 

Jika pengembangan sektor wisata air tersebut terwujud, maka akan memberikan manfaat lain seperti meningkatkan fungsi sosial hingga fungsi konservasi atau penataan lingkungan.

(Rs/Hj)

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Polda Jabar Laksanakan Kegitan Binrohtal di Masjid Al-Amman
Wagub Uu Bebersih Turun ke Sungai Ciliwung
Wagub Beri Motivasi Kafilah STQN Jawa Barat di Pontianak
Masyarakat Jawa Barat Bisa Lapor Pungli Lewat Aplikasi Siberli
Asops Panglima TNI Inspeksi Kesiapan Satgas Yonif R 300/Bjw
Unjuk Rasa Damai Sarbumusi dari BLK Jember Menuju PT. BIS Mpion Bangun Paralon Sukses
Ridwan Kamil Minta PKK Jadi Detektif Anak Putus Sekolah
Ridwan Kamil Apresiasi Kualitas Layanan Haji Jawa Barat
Harapan Wagub Jawa Barat kepada DHD BPK 45: Tanam Nilai Nasionalisme ke Generasi
Wagub Jawa Barat Bentuk Forum Ikatan Santri
Ridwan Kamil: Ekonomi Kreatif, Sumber Kekuatan Ekonomi Jabar
Diduga Tanah Kas Desa Jadi Tanah Milik dan Bersertifikat
Wagub Jawa Barat: Masyarakat Berperan Penting Lawan Narkoba
Peringati Hari Bhyangkara Ke-73 Polwan Polsek Sukasari Silaturahmi ke Pondok Pesantren
Kabid Propam Poldal Jabar Menyampaikan Peraturan Internal Polri Dalam Acara Talkshow di Radio
Urdokks Polres Majalengka Melaksanakan Kegitan Minggu Sehat
Atalia Praratya Gelorakan Program 18-21
Grafik Menanjak Indeks Desa Membangun Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat: Kunci Utama Keluarga Bahagia Adalah Kebersamaan
Cimahi Dapat Dana Bantuan untuk Tangani Sampah Sungai