Skyscraper
Skyscraper

Gubernur Jawa Barat Harap Tiga Nilai Ini Dimiliki Institusi Polri

foto

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-73 Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu kemarin10 Juli 2019.

KOTA BANDUNG, Fakta Indonesia News.Com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-73 Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu kemarin (10/7/2019).

Ditemui usai upacara, Emil --sapaan akrab Ridwan Kamil-- berharap institusi kepolisian RI memiliki tiga nilai yang perlu untuk terus ditingkatkan. Ketiga nilai tersebut yakni profesionalitas, modern, dan terpercaya.

“Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, kami sangat berbahagia, menghaturkan selamat hari jadi untuk Kepolisian Negara Republik Indonesia yang ke-73,” katanya.

“Tentunya, kita berharap selalu punya tiga nilai; satu professional, dan terus modern dalam peningkatan kualitas, dan terakhir adalah terpercaya,” lanjutnya.

Emil pun menilai institusi Polri, khususnya Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat, berhasil menjaga keamanan di Jawa Barat. Maka itu, dia merasa bangga terhadap Polda Jawa Barat karena tidak ada hal serius yang mengganggu kondusivitas wilayah yang dipimpinnya. 

“Kami bangga dan kami monitor dari Jawa Barat memang terbaca tidak ada riak-riak yang berlebihan dalam kondusivitas di Provinsi Jawa Barat,” ucapnya.

Pemerintah melalui Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga mengapresiasi atas capaian kinerja positif Polri. Menurut Presiden, situasi keamanan dalam negeri sepanjang 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.

Polri dan TNI, lanjut Presiden, telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah, seperti Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali.

“Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2018 dan Pemilu tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis,” ujar Presiden dalam amanatnya yang dibacakan oleh Emil saat upacara.

Polri juga dinilai sukses menjaga keamanan seluruh agenda masyarakat, seperti perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Bahkan apreisiasi juga diberikan Presiden kepada Polri yang telah berhasil mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, kejahatan siber, dan kejahatan lainnya.

Termasuk berhasil menindak kejahatan tindak pidana korupsi. Karena sepanjang 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3triliun.

Lima Instruksi Presiden

Dalam amanatnya di Hari Bhayangkara ke-73 tersebut, Presiden Joko Widodo memberikan 5 instruksi sebagai pedoman anggota Polri bertugas. Presiden meminta Polri untuk terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Selain itu, Presiden meminta agar Polri mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalaham sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

"Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan," pesan Presiden.

Kemudian, Polri pun diminta meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

“Kelima, perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian atau lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri,” tutupnya.

(HJ/FD)

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Sumatera Selatan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia MXGP 2019
Asops Panglima TNI Inspeksi Kesiapan Satgas Yonif R 300/Bjw
Baksos Kapolsek Paseh, Polres Sumedang Dalam Rangka Hari Bhayangkara
Kapolres Cianjur Tanda Tangani Mou Program Non Tunai di Desa Kertajati
Halal Bi Halal Ikatan Guru Raudhaful Athfal Kelompok Kerja Guru Raufdhaful Athfal Kabupaten Ciamis
Kapolres Indramayu Polda Jabar Hadiri Undangan Peletakan Batu Pertama di Ponpes AL-Bahjah Indramayu
Kapolda Jabar Kunjungi Mapolres Ciamis
Wagub Uu Bebersih Turun ke Sungai Ciliwung
Peringati Hari Bhyangkara Ke-73 Polwan Polsek Sukasari Silaturahmi ke Pondok Pesantren
Kunjungan Kerja Plt Bupati Cirebon, Demi Mewujudkan Desa Maju
Ridwan Kamil: Ekonomi Kreatif, Sumber Kekuatan Ekonomi Jabar
Tokoh Pemuda dalam Bursa Kandidat Bupati OKU Selatan
Polres Karawang Adakan Olah Raga Bersama Tni dan Polri Untuk Meningkatkan Sinergritas
Atalia Soal Stunting: Salah Satu Faktor Rendahnya Kualitas SDM
Siaran Pers Tentang Kabid Humas Polda Jabar: Polda Jabar Amankan Akasi Unjuk Rasa LSM GMBI
Fenomena Musim Dingin Hingga Embun Es Akhir-Akhir Ini, Begini Penjelasannya
Urdokks Polres Majalengka Melaksanakan Kegitan Minggu Sehat
Gubernur Jawa Barat Dorong Squash Jadi Cabor PON XX/2020
Polda Jabar Laksanakan Kegitan Binrohtal di Masjid Al-Amman
Kapolres Lahat Pimpin Upacara HUT Bhayangkara ke-73 dan Syukuran