Skyscraper
Skyscraper

RILIS+FOTO -- Kata Uu, Bayar Pajak yang Mudah, Murah, dan Cepat Bisa Dongkrak Pendapatan Daerah

foto

KOTA BANDUNG, Fakta Indonesia News.Com --  Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat terus melakukan inovasi untuk mendongkrak pendapatan daerahnya. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi se-Indonesia bertajuk 'Optimalisasi Pajak Daerah' di Crowne Plaza Hotel Bandung, Kamis (18/07/2019).

Menurut UU,  Bapenda Jawa Barat sendiri telah menerima banyak penghargaan dari berbagai lembaga atas inovasi dan prestasi yang diraih. Inovasi teranyar adalah Samsat J’bret atau Samsat Jawa Barat 'Ngabret.' 
Program tersebut merupakan inovasi dan kolaborasi  Tim Pembina Samsat Jawa Barat untuk memudahkan Wajib Pajak saat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan.
Lewat layanan tersebut, pembayaran PKB Tahunan Provinsi Jawa Barat Wilayah Hukum Polda Jawa Barat kini bisa dilakukan di Polsek, Indomaret, Alfa Mart, Alfa Midi, hingga melalui financial technology seperti Tokopedia, Bukalapak dan Kaspro.
"Intinya kita permudah masyarakat untuk membayar pajak, kita ciptakan inovasi supaya bayar pajak mudah, murah, dan cepat," kata Uu.
Meski begitu, Uu berujar masih banyak target yang harus dicapai terkait pendapatan daerah. Saat ini, jumlah penunggak pajak kendaraan mencapai sekira 30 persen dari total wajib pajaknya. Untuk itu, perlu adanya kerja sama antar aparat penegak hukum, seperti pola operasi gabungan bersama Tim Pembina Samsat, agar efektif menghadirkan sikap taat pajak.
Selain itu, kata Uu, insan pajak sendiri harus memberi pelayanan prima serta rajin melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait perpajakan. "Komunikasi dengan masyarakat adalah kunci, salah satunya bisa dengan aktif di jagat digital," ucap Uu.
"Jangan pakai gaya lama, harus cepat, pelayanan, prima, mudah, dan cepat. Insyaallah pendapatan daerah akan meningkat dari tahun ke tahun," tambahnya.
Adapun pendapatan daerah dari sektor perpajakan menjadi penting dan strategis untuk menyokong pembangunan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.
Menurut Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko, Rakornas yang digelar pun bakal membahas strategi peningkatan pajak daerah untuk mendukung pembangunan.
Ikut dibahas terkait perhitungan dasar pajak kendaraan bermotor, PKB, dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), pemenuhan pajak air permukaan, dan sejumlah topik terkini lainnya.
"Rakernas juga bertujuan untuk menyamakan persepsi antara pusat dan daerah agar perencanaan pembangunan daerah berorientasi kepada seluruh program dan sukses sesuai dengan rencana," kata Hening.
Selain para pejabat struktural Bapenda dari berbagai provinsi di Indonesia turut hadir Direktur Pendapatan Daerah Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri, Hendrawan.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Gubernur Jabar Sesalkan Unjuk Rasa di Cianjur Berakhir Ricuh
Gubernur Jawa Barat Fokus Tingkatkan Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif di Jawa Barat
Propam Polres Sumedang Polda Jabar Laksanakan Penegakan Ketertiban dan Kedisplinan
Silaturahmi Kamtibmas Plh Kapolres Tasikmalaya dengan Pimpinan Ponpes Cintawana dan Sabilul Huda
Wali Kota: Menciptakan Kondisi Kota Bandung Kondusif dengan Perkuat Silaturahmi
Kapolda Jabar Jenguk Ipda Erwin Korban Luka Bakar Akibat Pengamanan Unjuk Rasa di Cianjur
Pelaku Penusukan yang Mengakibatkan Korban Meninggal Dunia Diamankan
Pemdaprov Jabar dan Kominda Teken MoU Pengamanan Aset Negara
Wagub Jawa Barat: Kesehatan Jadi Faktor Dominan Suksesnya Pembangunan
Wadan Kodiklatad Buka Dikcabpa Ta 2019
Pelepasan Jemaah Haji KOta Cirebon Kloter 74, Tahun 1440 H/2019
Sebanyak 227 Koperasi Di Ciamis Tidak Aktif
Pangdam III/Siliwangi Lepas 450 Personil Satgas Yonif Raider 300/BJW ke Perbatasan RI-PNG
Yana Mulyana Ajak Generasi Milenial Kota Bandung Untuk Lebih Akrab dengan Pancasila
Pemkot Bandung Siap Berkolaborasi Bersama Komunitas Dosen DKV Untuk Tuntaskan Masalah Perkotaan
29 Lampu Merah Di Jakarta Mati, Penyebab Pemadaman Listrik Massal
Gubernur Jabar Serahkan NPHD Bidang Keagamaan Tahun 2019
Kabid Humas Polda Jabar: Angela Hindriati Wahyuningsih Hilang dari Hotel Grand Cordela Kota Bandung
Sekda Kota Bandung: Fokuskan Anggaran untuk Kebermanfaatan Warga
Kabid Humas Poolda Jabar: Masyarakat Senang, Polisi Hadir Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Ar-Rahman