Skyscraper
Skyscraper

Jakarta Menempati Posisi Ke 3 dengan Udara Terburuk dii Dunia Menurut AirVisual

foto

Jakarta, Fakta Indonesia News.Com -- Jakarta menempati berada di peringkat ketiga kota paling berpolusidi dunia versi AirVisual hari ini. Tingkat polusi udara di Jakarta di bawah kota Delhi, India dan Lahore, Pakistan.

Berdasarkan data dari AirVisual Sabtu, (24/8/2019), pukul 08.00 WIB, Air Quality Index (AQI) Jakarta berada di 156 alias masuk kategori tidak sehat. Namun, tingkat polusi ini tidak tetap dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Air Quality Index (AQI) merupakan indeks yang digunakan AirVisual untuk menggambarkan tingkat polusi udara di suatu daerah. AQI dihitung berdasarkan enam jenis polutan utama, yaitu PM 2,5, PM 10, karbon monoksida, asam belerang, nitrogen dioksida, dan ozon permukaan tanah. dikutip dari detik.com

Berdasarkan data AirVisual, kandungan PM 2,5 di Jakarta berada di angka 64,5 µg/m³. Data itu diperoleh dari alat pemantau udara Airvisual yang ada di Kedutaan Amerika Serikat, Pegadungan, Kemayoran, Pejanten Barat, Rawamangun, dan Mangga Dua.

Kondisi udara ini tidak lebih baik dibandingkan dengan hari Jumat (23/8) kemarin. Pada hari Jumat, Jakarta berada pada 152. 

Untuk diketahui, AQI mempunyai rentang nilai antara 0-500. Makin tinggi nilai AQI, artinya makin tinggi tingkat polusi udara di wilayah tersebut.

Skor 0-5 berarti kualitas udara bagus, 51-100 berarti moderat, 101-150 tidak sehat bagi orang yang sensitif, 151-200 tidak sehat, 201-300 sangat tidak sehat, dan 301-500 ke atas berarti berbahaya.

Terkait polusi udara ini, Pemprov DKI Jakarta sudah membuat sejumlah langkah untuk mengurangi polusi udara ibu kota. Langkah tersebut tertera dalam Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Salah satunya ialah dengan menerapkan kebijakan ganjil-genap. 

Bagikan melalui
Berita Lainnya
LDII dan Sektor 22 Citarum Harum Beberesih Sungai Cikapundung
Ridwan Kamil Paparkan Sejumlah Inovasi Pemdaprov Jabar di Korea Selata
RSUD Kota Bandung Bertekad Tingkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat
Pemkot Bandung Akan Bentuk Tim Satlak PB