Skyscraper
Skyscraper

Jalan Raya Puncak Macet, Pemkab Bogor Minta Jalur Sentul-Taman Bunga

foto

Ilutrasi Macet di Puncak

Bogor, Fakta Indonesia News.Com - Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, akan diuji coba sistem 2-1 pada 27 Oktober mendatang. Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, solusi agar Jalan Raya Puncak tidak macet adalah dengan membangun jalur baru.

"Ketika jalur 2-1 ini berlaku, saya sampaikan, ini tetap macet tapi tidak separah one way. Solusinya bagaimana? Saya ingin dibangunkan Poros Tengah Timur. Yang masuk dari Sentul, keluar Taman Bunga," katanya, dalam Kuliah Umum "Membangun Kabupaten Bogor yang Berbudaya Berbasis Kearifan Lokal", di Universitas Pakuan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (10/10/2019).

Ade menjelaskan, tanah atau lahan untuk membangun jalur tersebut, sudah ada. Tanah sepanjang 46 kilometer itu, lanjutnya, adalah hibah dari masyarakat sekitar.

Ia pun mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tidak mampu untuk membangun jalan tersebut dengan APBD. Hal ini dikarenakan biaya pembangunannya yang sangat besar.

"Jadi kalau dibangun oleh APBD, kami tidak mampu karena dengan jumlah Rp 1,25 Triliun, itu akan habis dana pendidikan dan kesehatan untuk membangun jalan," tutur dia.

Ade pun mengatakan, ia ingin ada bantuan pemerintah pusat untuk membangun jalan tersebut. Dia menjelaskan, jalur Poros Timur Tengah itu juga, adalah jalan perekonomian.

"Jadi kami tidak sanggup membangun, kami mohon dibantu pemerintah pusat dan ini termasuk jalan perekonomian. Artinya masyarakat di sana akan merasakan manfaatnya ketika ada jalan tersebut," terang dia.

Lainnya dia menerangkan, sejak 2015 lalu, kawasan Puncak sudah tidak menjadi destinasi wisata nasional.

"Destinasi puncak ini dari 2015, ternyata dicoret dari destinasi wisata nasional karena urusan macet. Padahal sudah diupayakan buka tutup (one way) selama 32 tahun, tapi sampai hari ini tidak terselesaikan. Akhirnya kami konsultasi dengan BPTJ dan diputuskan 27 Oktober, uji dicoba dilakukan 2-1. Jadi tidak ada lagi one way," jelasnya.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pj Sekda Jabar Menerima Kedatangan Courtesy Call European Union di Ruangan Lokantara Gedung Sate
Ridwan Kamil Raih Gelar H.C dari Dong-A University, Korea Selatan
Arti Keluarga Bagi Mang Oded dan Umi
Walkot Jakut Siapkan Posko Siaga Banjir, Antisipasi Banjir