Jumat, 18 Januari 2019 | 01:53 WIB

Desa Klaten Dihujani Abu Akibat Gunung Merapi Mengeluarkan Lava

foto

Administrator

Ilustrasi Gunung Merapi Meletus

Jakarta, Fakta Indonesia News.Com - Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kemarin malam pukul 21.01 WIB, melontarkan guguran lava pijar. Jarak luncur mencapai sejauh 1,2 kilometer ke arah hulu Kali Gendol.

Akibat peristiwa tersebut, sejumlah desa di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, terjadi hujan abu tipis. Sejumlah desa di Kecamatan Kemalang memang sangat dekat dengan puncak Gunung Merapi, atau hanya sekitar 5 kilometer.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Klaten, Bambang Giyanto mengatakan usai peristiwa tersebut pihaknya membagikan masker ke lokasi desa terdampak.

"Ada beberapa desa di Kemalang terjadi hujan abu tipis. Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Klaten tadi malam melakukan droping masker ke desa-desa yang dilaporkan terjadi hujan abu tipis. Kami juga telah melakukan assessment awal," ujar Bambang yang dilansir dari Liputan6.com, Sabtu (5/1/2019).

Lebih lanjut Bambang menyampaikan,kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara tidak di rekomendasikan. Namun diperbolehkan untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

"Untuk sementara pendakian tidak kita rekomendasikan, kecuali untuk penyelidikan dan penelitian," tutupnya.

(Gr)