Sabtu, 16 Februari 2019 | 04:59 WIB

KPU Gorontalo, Siapkan Tim Anti Hoaks di Pemilu 2019

foto

Administrator

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Gorontalo,Fakta Indonesia News.Com  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo telah membentuk tim untuk menangkal berita bohong atau hoaks di media sosial. Hal itu diungkapkan oleh salah satu anggota KPU bidang Perencanaan, Data dan Informasi Sophian Rahmola.

Pembentukan tim dilakukan lantaran KPU mencium adanya upaya untuk mendelegitimasi kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu.

"Banyak informasi hoaks pemilu yang sengaja disebarkan, sehingga kami melakukan langkah taktis untuk mengantisipasi informasi bohong tersebut agar tidak meresahkan masyarakat," kata Sophian di Gorontalo, Senin (4/2). Di lanasri dari Beritasatu.Com

Nantinya, tim tersebut akan membuat dan menyebarkan informasi, serta klarifikasi setiap berita bohong terkait penyelenggaraan pemilu yang beredar.

Klarifikasi tersebut dibuat dalam bentuk desain gambar infografi yang disebar melalui media sosial dan laman KPU Provinsi Gorontalo dalam kolom khusus "Hoax Pemilu".

Selain itu, ia mengatakan ada upaya serangan kepada perangkat KPU atau infrastruktur pada sistem informasi berbasis aplikasi.

Menurutnya, hasil bimbingan teknis (Bimtek) sistem informasi data pemilih (Sidalih) dan Keamanan Sistem Informasi Pemilu 2019 yang digelar di Surabaya, akan diterapkan di seluruh KPU kabupaten dan kota se-Gorontalo, hingga penyelenggara tingkat bawah.

(Rs)