Skyscraper
Skyscraper

Persiapan Acara Budaya Manggarai Flores NTT

foto

Matim, FaktaIndonesiaNews.Com -- Sebelum menyambut tahun baru 2020,budaya Manggarai Timur,Manggarai Tengah,Manggarai barat,melakukan ritual adat dan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang jaman dulu.

Acara ini sering disebut bahasa daerah Manggarai,(Cor molo)atau Nasi bambu,dan melakukan proses ritual adat,(teing yang)memberi sajian bagi para leluhur,dengan menggunakan benda yakni:
1.Daun siri
2.tembakau/sebatang
Rokok
3.beras

Ketua adat/kepala suku khusus untuk menyampaikan sesuatu kepada leluhur atau nenek moyang mereka yang telah tiada,untuk gunah menyembah dan meminta rezeki yang berlimpah di tahun baru nanti.

Acara ini berkumpul sesama suku"hingga sampai selesai ritual adat,
Dan semua keluarga wajib untuk hadir,menyaksikan bahwa adat itu sangat bermanfaat bagi orang Manggarai.

susila keturunan Nenek moyang walaupun berbeda kini dimanggarai tetap menyatuh dalam sebuah keluarga besar.

Yohanes ja,ang, ritual adat menyembah nenek moyang ini dengan melakukan acara adat manggarai,(Cor molo)pembuatan nasi bambu 1 kali setahun.

Pantauan faktaindonesinewa.Com
28/12/2019
Dimanggarai Timur, melakukan penjemputan tahun baru ada beberapa desa yang mulai sejak Desember 2019,sementara Januari 2020 tinggal beberapa hari lagi,dan besar kemungkinan desa yang cepat mengadakan acara ritual adat penjemputan tahun baru ini,mengingatkan dengan waktu,cuaca yang mendukung di wilayah Manggarai,Flores NTT.

Adat dan istiadat Manggarai suda menyatu dengan Alam"sehingga sa,at ini pula petani di Manggarai Flores NTT, melakukan bercocok tanam dengan yakin dan percaya adat sangatlah penting dalam sebuah kehidupan di tanah Flores,NTT ini,

Bagikan melalui
Berita Lainnya