Kampanye #LebaranUntukSemua Dongkrak IKM Fesyen Muslim

foto

Jakarta, FaktaIndonesiaNews.Com - Dalam masa pandemi Covid-19, termasuk sektor IKM fesyen muslim meningkatkan penumpukan stok produk meningkat permintaan pasar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, juga dilengkapi dengan momentum Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Kementerian Perindustrian dengan didukung pasar online. Shopee mengadakan kampanye Beli Produk Lokal. Fesyen Muslim yang membawa tagar #LebaranUntukSemua. Program tersebut sangat membantu peningkatan penjualan  merek  lokal produk khusus IKM fesyen muslim di tanah air. 

“Kampanye ini merupakan bentuk fasilitasi Kementerian Perindustrian kepada para pecinta IKM fesyen muslim Indonesia agar tetap eksis dan mampu bertahan dalam kesulitan saat ini dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ujar  Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Jumat (08/05) / 2020).

Secara khusus, Menperin Agus juga mengajak masyarakat Indonesia untuk terus mendukung keberlangsungan sektor IKM nasional, salah satunya dengan membeli produk-produk yang dihasilkan. “Bantuan ini akan memberikan kontribusi yang besar bagi sektor terkait seperti penjahit, penyedia bahan baku, logistik dan sektor terkait lainnya dan pada akhirnya akan mendorong dana investasi Indonesia untuk tetap bertahan saat sedang berusaha meningkatkan pandemi Covid-19,” tuturnya. 

Menteri AGK menyetujui, menentang IKM fesyen muslim perlu terus berinovasi untuk meningkatkan keberterimaan produknya, baik di pasar dalam maupun luar negeri. Dengan demikian, mereka dapat terus bergerak dan memberikan kontribusinya untuk peningkatan nasional. “Secara bersamaan kita harus menerbitkan sektor agar tetap bergerak, dan tetap bergerak sesuai protokol kesehatan. Ini sangat penting karena sektor ekonomi memiliki relasi dan dampak langsung bagi sektor-sektor lain, ”jelasnya.

Rangkaian kampanye #LebaranUntukSemua juga diisi dengan berbagai pelatihan dan  lokakarya  secara  online, demikian  halnya IKM fesyen muslim dapat memperoleh kiat-kiat untuk menjalankan bisnisnya saat ini. “Saya berharap dikeluarkan setelah pelatihan, IKM fesyen muslim nasional dapat memperbincangkan pasarnya sehingga dapat berkontribusi lebih strategis terhadap sektor IKM nasional dan menjadi pemicu bagi Indonesia untuk tumbuh sebagai salah satu pusat fesyen muslim dunia,” ungkap Menperin.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih menjelaskan, di tengah-tengah pandemi Covid-19, semakin banyak IKM fesyen muslim nasional yang menggunakan  platform online  untuk memasarkan produk-produknya.

“Pelaku IKM memberikan Muslim nasional saat ini gencar melakukan promosi secara  online  baik melalui media sosial mauupun  platform e-commerce Hal ini sangat penting untuk meningkatkan angka penjualannya, ”paparnya. 

Kemenperin juga memfasilitasi IKM muslim dalam aspek komersialisasi dan distribusi produknya. Hal ini dimaksudkan agar fesyen muslim dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan dibutuhkan dapat meningkatkan angka penjualannya. “Ada beberapa hal yang kita dorong terkait dengan promosi dalam bentuk pameran dan juga aspek komersialisasinya melalui platform  e-commerce ,” tambahnya.

Kerja sama Kemenperin dengan  platform e-commerce  Shopee dalam kampanye #LebaranUntukSemua menjadi salah satu pendukung mendukung para pelaku IKM sektor fesyen muslim agar senantiasa bergerak maju, membahas di tengah wabah Covid-19. Selain melalui kampanye #LebaranUntukSemua, Shopee juga meluncurkan stimulus sebesar Rp100 miliar dalam bentuk  voucher  dan ongkos kirim gratis.

“Di luar itu, untuk teman-teman IKM yang belum masuk  platform online , kita lakukan pelatihan dan pendampingan hingga nanti meningkat penjualannya” jelas Kepala Kebijakan Publik & Hubungan Pemerintah PT. Shopee International Indonesia Radityo Triatmojo.

Kampanye #LebaranUntukSemua yang akan berjalan pada tanggal 12 sd 19 Mei 2020 juga diharapkan dapat memberikan hasil positif terhadap para IKM Fesyen Muslim Nasional. “Melalui Kampanye ini, kami menyetujui pinjaman ekonomi yang dimiliki IKM dan juga mendorong peningkatan daya beli masyarakat,” kata Radityo.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pemkot Cilegon Mulai Salurkan Bantuan Rp 500 Ribu ke Warga Terdampak Corona
Stok Pangan Aman Selama Ramadan di Tengah Pandemi COVID-19
Bank bjb akan Berikan Dukungan Likuiditas untuk Bank Banten
Pemprov Jatim Bagikan Tambahan Suplemen BPNT kepada 333.022 KPM