Skyscraper
Skyscraper

Pemkab Sumedang Akan Kembangkan Energi Panas Bumi di Gunung Tampomas

foto

Sumedang, FaktaIndonesiaNews.Com - Pemkab Sumedang berencana mengembangkan energi panas bumi di Gunung Tampomas. Pasalnya, Tampomas memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah sehingga dapat digunakan untuk energi listrik.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan memiliki sumber energi panas bumi yang ada di Gunung Tampomas sangat bisa dimanfaatkan untuk tenaga listrik.

"Mudah-mudahan pengembangan panas bumi di Sumedang bisa cepat terwujud dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Sumedang, terutama manfaat dari energi listrik dan manfaat ekonomi lainnya," Dony .

Menurut Dony, wilayah Sumedang memiliki sumber daya alam yang melimpah, di antaranya memiliki energi panas bumi yang harus dikembangkan.

"Jadi bagaimana cara mengolah panas bumi ini dengan baik, ramah lingkungan, sesuai dengan ketentuan, serta benar-benar memberikan kemanfaatan kepada masyarakat," katanya.

Menurutnya hal ini harus diyakinkan kepada publik dengan cara pendekatan ilmiah dan pendekatan agama serta budaya. Mengingat, energi panas bumi ini tidak memberikan dampak pada kerusakan alam dan lingkungan.

"Jika sudah paham, setelah itu akan ada kesadaran arti pentingnya pemanfaatan panas bumi. Tentu saja hal ini harus tersampaikan kepada publik agar dipahami dengan baik," ucapnya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan wilayah di Jawa barat sering disebut lumbung panas bumi dengan panas 5.260 mega watt, dengan rincian 50 mega watt ada di Sumedang, dan yang sudah dimanfaatkan baru 1.196 mega watt.

"Sebenarnya sudah sangat bagus dari sisi implementasi secara umum di Jawa Barat dan kita sudah mengetahui di Sumedang sudah mempunyai potensi seperti itu," katanya.

Dadan mengatakan sebenarnya rencana pengembangan energi panas bumi ini sudah cukup lama, meski platform untuk sosialisasinya masih dilakukan secara daring.

"Namun, hal ini diharapkan bisa memberikan tenaga awal untuk kita sama-sama memulai (mengembangkan sumber energy)," ucap Dadan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
DPDR Kota Depok Gelar Rapat Paripurna APBD Anggaran 2021 Secara Virtual
Alokasi BTT Pemkab Garut Tahun 2021 Capai Angka 75 M Rupiah
Kades di Kabupaten Bekasi Diminta Optimalkan Penggunaan Dana Desa
Pemerintah Optimistis Banpres UMKM Jangkau 12 Juta Pelaku Usaha