Alokasi BTT Pemkab Garut Tahun 2021 Capai Angka 75 M Rupiah

foto

Kab. Garut, FaktaIndonesiaNews.Com -- Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam Nota Pengantar Sidang Paripurna yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut , di Ruang Rapat Paripurna DPRD, menyampaikan bahwa alokasi Belanja Tak Terduga (BTT) pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2021, mencapai angka 75 Miliar Rupiah.

Menurut  Rudy, alokasi dana 75 Miliar Rupiah ini sebagai bentuk tindak lanjut instruksi Presiden terkait dengan penyiapan anggaran penanggulangan bencana sosial Covid-19 serta antisipasi bencana alam di Kabupaten Garut sebagai daerah yang rawan bencana alam. 

"Sesuai dengan ketentuan Peraturan Kementrian Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2020 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2021, bahwa belanja tidak terduga dapat diorientasikan pada pengeluaran untuk keadaan darurat termasuk keperluan mendesak yang tidak dapat diprediksi sebelumnya," ucap Rudy.

BTT tersebut antara lain dialokasikan untuk penanganan kesehatan dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19, juga diarahkan untuk operasional rumah sakit darurat Covid-19, serta perawatan pasien dan kasus Covid-19, biaya tracking, tracing dan testing, serta alokasi untuk penyuntikan vaksin Covid-19.

Selain itu BTT diarahkan bagi percepatan pemulihan ekonomi dan perlindungan sosial masyarakat sebagai dampak pandemi Covid-19, serta upaya antisipasi kerawanan bencana alam dan keperluan mendesak yang dimungkinkan dapat terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan di tahun 2021.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Soal PSBB Jawa Bali, Hergun Singgung APBN dan Dana PEN
Pemerintah Perpanjang Subsidi Bunga KUR di 2021
Lima Pasar di Kota Bandung Terima Hibah Dari Kemendag RI
Pemkot Bandung Terus Berupaya Agar Sektor Ekonomi Kembali Menggeliat