UMKM Pahlawan Ekonomi Nasional, Izin Edar Dipermudah

foto

Gresik, FaktaIndonesiaNews.Com -- Pemerintah terus memberikan perhatian serius pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berbagai insentif digulirkan Pemerintah untuk memajukan UMKM, mulai dari kemudahan perizinan, khususnya UMKM obat dan makanan oleh BPOM sampai bantuan modal usaha.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut pelaku UMKM sebagai pahlawan sehingga layak mendapatkan kemudahan dari Pemerintah. 

"Bapak-bapak (para pelaku UMKM) ini adalah pahlawan angkatan kerja. Kenapa? Karena 86 persen angkatan kerja kita bekerja di UMKM. Sisanya bekerja di industri besar. UMKM memang menyerap tenaga kerja yang tidak begitu banyak, tetapi dengan jumlahnya yang sangat banyak bila dikalikan bisa menjadi potensi besar," ujarnya dalam Penyerahan Perizinan Usaha pada pelaku UMKM, di Kantor Bupati Gresik, Jawa Timur, Jumat 

Menurut Menko PMK, pandemi Covid-19 sangat memukul kelangsungan perekonomian nasional. Banyak tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan dan muncul keluarga miskin baru. Menko PMK menegaskan Presiden RI Joko Widodo telah memberikan arahan agar anggaran tahun 2021 lebih banyak difokuskan dalam mengembangkan UMKM yang dapat memulihkan ekonomi nasional.

"Pokoknya pelaku usaha harus mendapatkan perlakuan khusus untuk segera memulihkan ekonomi indonesia ini. Kami sangat berharap kerja sama antara kementerian dan para pelaku UMKM di dalam upaya untuk membina, mengembangkan, melindungi usaha menengah kecil dan mikro ini," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah memberikan Nomor Izin Edar (NIE), Sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik (CPOTB) Bertahap, dan Sertifikat Pemeriksaan Sarana oleh Balai (PSB) untuk beberapa pelaku UMKM di bidang makanan dan obat tradisonal di Kabupaten Gresik. Selain itu, pemerintah juga menyerahkan secara simbolis Bantuan Pemerintah Usaha Mikro (BPUM) dan Bantuan Subsidi Bunga Debitur Koperasi untuk UMKM.

"Saya memberikan apresiasi tinggi kepada pelaku UMKM yang sangat antusias mengelola usahanya. Dan ini yang mendorong saya untuk memerhatikan Gresik agar para pelaku usaha meningkatkan kapasitas kemampuannya agar mampu betul-betul bersaing. Tidak hanya tingkat regional, atau nasional, tapi kalau bisa go internasional," pungkas Muhadjir.

Sebelumnya dalam rangkaian kegiatan, Menko PMK berkunjung ke RS Muhammadiyah Gresik dan RS untuk melakukan peninjauan fasilitas penanganan Tuberkulosis (TB) dan berdiskusi dengan mantan pasien TB. Menko PMK juga berkesempatan untuk berkunjung ke RSUD Ibnu Sina Gresik, untuk melakukan peninjauan penanganan TB Resisten Obat (TB RO) dan berdiskusi dengan pasien TB RO.

Tak ketinggalan, pemerintah juga menyerahkan bantuan kepada RS Muhammadiyah Gresik berupa set APD, masker medis, ventilator, multivitamin, untuk RSUD Ibnu Sina berupa set APD, masker medis, multivitamin, susu UHT dan untuk Dinkes Kabupaten Gresik berupa masker, sanitary kit, paket pencegahan Covid-19, dan susu UHT.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Alhamdulillah, Mbah Garut Panen Tomat
Pekerja Wajib Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan
Presiden Serahkan Bantuan Modal Kerja untuk Ringankan Beban di Saat Pandemi
Bantuan Modal Kerja Senilai Rp2,4 Juta Bantu Pelaku UMK Bertahan di Tengah Pandemi