Bareskrim Segera Periksa Djoko Tjanda soal Surat Jalan hingga Aliran Dana

foto

Jakarta, FaktaIndonesiaNews.Com - Bareskrim Polri segera memeriksa terpidana kasus hak tagih Bank Bali Djoko Tjandra terkait pelariannya selama 11 tahun. Surat jalan yang dia peroleh untuk bisa melenggang ke luar negeri hingga ke mana saja aliran dananya akan diusut tuntas.

"Setelah ini yang bersangkutan akan ditempatkan di Rutan Bareskrim Polri, dan kemudian akan dilanjutkan dengan pemeriksaan-pemeriksaan terkait dengan surat jalan, rekomendasi," ucap Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (31/7/2020).

Tak hanya sampai di situ, pemeriksaan juga akan membuktikan soal dugaan adanya aliran dana mengalir ke beberapa oknum pejabat.

"Dan juga, kemungkinan, yang pernah saya sampaikan soal adanya aliran dana," ujar Listyo.

Diketahui, kasus surat jalan Djoko Tjandra menyeret mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo. Polri pernah mengungkapkan alasan Brigjen Prasetijo menerbitkan surat jalan untuk Djoko Tjandra atas dasar rasa ingin menolong. Namun Polri menegaskan penyidik tak berpegang hanya pada pengakuan tersangka, dan akan mengumpulkan fakta terkait motif sebenarnya.

"Mau menolong saja. Mereka kenal karena dikenalin temannya. Tapi itu pengakuan yang bersangkutan. Kami tentu berpegang pada fakta hukum, bukti-bukti yang kami masih kumpulkan terus. Jadi masih berkembang, tak terpaku pada pengakuan tersangka. Tentunya penyidik terus melakukan pendalaman," kata Kadiv Humas Polri Brigjen Argo Yuwono saat dihubungi.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Terciduk Tak Bermasker, Puluhan Warga Purworejo Didenda Rp 10 Ribu
Divonis 1,5 dan 2 Tahun Penjara, 2 Terdakwa Penyerang Novel Baswedan
Sidang Kasus Penganiayaan Cukup Panjang, Keterangan Saksi Berbelit-belit
Musnahkan Barang Bukti, BNN Cilegon Bakar 15 Kg Ganja