Video Aksi Pungli di Tasikmalaya Viral, Polisi Turun Tangan

foto

Tasikmalaya, FaktaIndonesiaNews.com - Sebuah video aksi pungutan liar viral di media sosial dan pesan berantai pada Kamis (12/11/2020). Terlihat dalam rekaman video itu seorang pria berpakaian kaos putih dengan tulisan warna merah menghampiri pengendara truk.

Pelaku kemudian meminta sopir memberikan sejumlah uang sebelum menaiki jembatan bailey. Sopir sempat menawar Rp 20 ribu, namun pria yang terus direkam meminta Rp 50 ribu per satu truk. Saat itu ada tiga truk yang akan melintas.

Meski belum diketahui waktu pengambilan video, namun Lokasi pungutan liar terjadi jembatan Bailey Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

"Atuh malah teuing sakitu mah (Rp 150.000), kudu ngomong hela ka dunungan. Bisi teu percayaeun, (red:jangan terlalu mahal segitumah mahal Rp 150 ribu, harus bilang dulu sama bos takut gak percaya)," ujar sopir truk yang dimintai pungli seperti terdengar dalam rekaman.

Sementara pelaku pungli beralasan, jika pungutan tersebut sudah biasa dilakukan. Bahkan dikatakanya telah banyak kendaraan yang melintas dengan membayar uang tersebut.

"Da geus biasa sakitu. Diakurken jeng mobil nu ngangkut kai, ke lamun menta deui diharep bejakeun geus didieu. (Red: udah biasa segitu. Diamakan dengan mobil pngangkut kayu. Kalau disana mintalagi bilang udah disini" ujar pelaku pungli berbaju putih yang wajahnya begitu jelas terlihat di vidio tersebut.

Diakhir rekaman, pelaku diminta menunjukkan uang hasil pungli 150 ribu rupiah dengan alasan untuk laporan ke bos korban. Polosnya pelaku menunjukkan uang pungli pada kamera.

Diakhir video, sang sopir lalu menggerutu. Dirinya meminta petugas Resmob (kepolisian) untuk menertibkan dan menindak tegas para pelaku pungli tersebut.

"Nih resmob tangkap", kata sopir.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Hario Prasetyo Seno mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim Resmob untuk menyelidiki kasus ini. Tim sudah turun ke lokasi yang diduga jadi lokasi pungli ini.

"Tim kami sudah bergerak ke lokasi dalam video itu. Tim akan melakukan lidik terkait dugaan adanya pungli di lokasi jembatan bailey Cipatujah," ucap Hario.

"Mudah-mudahan hasilnya positif sesuai harapan kita," tambah Hario dalam pesan singkatnya.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Masuki 2021, Kendaraan Dinas Gubernur dan Wagub Jabar Beralih ke Mobil Listrik
PKK Provinsi Jabar dan BAZNAS Teken Kerja Sama Program Keumatan
Distribusi Vaksin COVID-19 di Jabar Dilakukan secara Proporsional
Wagub Jabar Serahkan Dokumen CDPOB Kabupaten Garut Selatan