Cuaca Ekstrim, BPBD Minta Warga Kota Tasik Waspada Angin Puting Beliung

foto

TASIKMALAYA, FaktaIndonesiaNews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tasikm menghimbau masyarakat agar waspada terhadap terjangan angin puting beliung. Pasalnya, cuaca buruk saat ini tengah melanda beberapa wilayah termasuk Kota Resik.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya Ucu Anwar mengatakan, di samping bencana alam tanah longsor, rumah ambruk, dan pohon tumbang, kini masyarakat harus waspada terhadap terjangan angin puting beliung seperti halnya yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Ciamis.

"Masyarakat harus waspada dalam artian ketika langit dalam kondisi terang dan ujug-ujug (tiba-tiba) ada awan menghitam dan langit menjadi gelap, ada kemungkinan akan terjadi angin puting beliung," ujar Ucu, Selasa (17/11/2020).

Menurutnya, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan adanya bencana alam yang terjadi di Kota Tasikmalaya kendati curah hujan cukup tinggi.

"Saya mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan potensi bencana alam yang bisa saja terjadi dampak dari cuaca ekstrim akibat fenomena alam lanina," ucapnya.

Ia menambahakan, kondisi Kota Tasikmalaya saat ini dalam keadaan kondusif dari bencana alam. Kendati demikian pihak terus siaga dan melalukan patroli ke wilayah-wilayah yang rawan terjadinya bencana alam seperti tanah longsor.

"Petugas dan relawan siaga tangguh bencana di tiap kelurahan selalu siap siaga serta memonitor di wilayahnya masing-masing untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam," pungkasnya.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Resmi, Jabar Terima Tiga Mobil Listrik dari Hyundai
PPKM di Jabar: Tren Kepatuhan Pakai Masker dan Jaga Jarak Meningkat
Masuki 2021, Kendaraan Dinas Gubernur dan Wagub Jabar Beralih ke Mobil Listrik
IPP Jabar Naik 14 Peringkat