Persiapan Pilkada, KPU Kabupaten Tasik Gelar Simulasi Pemungutan Suara

foto

Tasikmalaya, FaktaIndonesiaNews.com -  KPU Kabupaten Tasikmalaya menggelar simulai pemungutan suara di TPS 9 Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna, Sabtu (21/11/2020). Simulasi sebagai pematangan persiapan ini digelar lantaran Pilkada serentak tahun ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19.

Proses pemungutan suara mengalami perbedaan jika dibandingkan dengan pemilu 2019 lalu. Dimana saat datang ke TPS, warga terlebih dahulu di cek suhu tubuh, diberikan cairan handsanitizer dan sarung tangan plastic oleh petugas KPPS. Antrean pemilih juga diatur dengan jarak lebih dari 1 meter.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludin menuturkan, dalam pelaksanaan pemungutan suara, KPU menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para petugas juga memakai Alat Pelindung Diri seperti masker dan sarung tangan.

“Kalau untuk proses atau tahapan pelaksanaanya tidak jauh berbeda, hanya saja protokol kesehatan lebih kita utamakan demi menghindari adanya penyebaran Covid-19, “ ucap Jajang, Sabtu (21/11/2020).

Menurut Jajang, Penyelenggara dan pemilih wajib terapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain gunakan masker dan cuci tangan, pemilih harus jaga jarak serta gunakan sarung tangan saat melakukan pencoblosan. Sarung tangan baru dibuka saat pencelupan tinta tanda usai memberikan hak pilih.

"Ini kita simulasikan benar benar penyelenggara dan pemilih terapkan prokes ketat. Semoga pilkada gak jadi klaster Covid 19,"pungkas Jajang. 

Bagikan melalui
Berita Lainnya
44 Titik Masuk Area PSBMK, KPU Kabupaten Tasik Mengaku Khawatir
Berstatus Zona Merah, Pemkab Tasikmalaya Akan Berlakukan PSBM
Ridwan Kamil Terima Batik Tulis Hasil Karya Penyandang Disabilitas
Tokoh Pemuda Karangtaruna Kota Tasik Dukung RUU Larangan Minuman Beralkohol