HM Yusuf: ASN Punya Hak & Kesempatan Sama Untuk Mengikuti Pengembangan Kompetensi

foto

TASIKMALAYA, FaktaIndonesiaNews.com – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Tasikmalaya menggelar acara Pemaparan Penyusunan Dokumen Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya Tahun Anggaran 2020 di salah satu Hotel di bilangan Jalan KH. Zaenal Mustopa, Senin (23/11/20).

Pelaksana Tugas Wali Kota Tasikmalaya HM Yusuf mengatakan, kegiatan ini adalah upaya untuk menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mampu menjalankan amanah sesuai Undang-undang.

“Nanti seleksi kompetensi ini kan akan berjalan secara alami kepada mereka yang memang membutuhkan keahlian segala macam dilihat dari keberadaan pegawai tersebut ditambah nanti hasil dari kompetensi ini akan meningkatkan kinerja dari para ASN,” ujarnya.

Dimana seperti diketahui bersama, kata Yusuf, dalam Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Diamanatkan bahwa setiap ASN untuk melaksanakan tugas publik, tugas pemerintahan dan tugas pembangunan tertentu.

“ASN memegang peranan yang amat penting dalam menjalankan fungsi pemerintahan, kinerja ASN pun menjadi indikator keberhasilan Negara,” terangnya.

Setiap ASN, sambung Yusuf, memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk mengikuti pengembangan kompetensi dengan memperhatikan hasil penilaian kinerja dan penilaian kompetensi ASN yang bersangkutan.

“Mudah-mudahan ketika semua pejabat hadir mengikuti ini dan mencermati apa yang disampaikan, ada pencerahan dalam rangka peningkatan kompetensi, karena di era digitalisasi ke depan dan kita akan menuju Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang, dari sekarang sudah harus siap, baik itu SDM, ASN yang mempunyai kompetensi baik dan punya kinerja itu yang akan berhasil,” ucapnya.

Ada pun untuk mendukung itu semua, pengembangan kompetensi dilakukan melalui beberapa tahapan (sesuai Pasal 3 Ayat 1 dan peraturan LAN nomor 10 tahun 2018), yaitu Penyusunan kebutuhan dan rencana pengembangan kompetensi, Pelaksanaan pengembangan kompetensi dan Evaluasi pengembangan kompetensi.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Ridwan Kamil Ajak LDII Sukseskan Delapan Program Keumatan Jabar
Orwastu Formasi 2019: Sekda Minta CPNS Jabar Terus Berkreasi dan Berprestasi
Sambut Ekonomi Jabar 2021 dengan Optimistis
Ridwan Kamil Gelar Subling Pertama di Tahun 2021