44 Titik Masuk Area PSBMK, KPU Kabupaten Tasik Mengaku Khawatir

foto

Ilustrasi by HARS

TASIKMALAYA, FaktaIndonesiaNews.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tasikmalaya berbeda dari sebelumnya. Situasi pandemi Covid-19 membuat Komisi Pemilihan Umum lebih ekstra berkerja membuat terobosan dalam memperkuat jaminan keselamatan pemilih di tengah pandemi.

Mengingat Kabuputen Tasik ini masuk Zona merah atau rawan penularan virus corona. Terlebih saat ini tim Gugus Tugas penanggulangan Covid-19 tengah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro Komunitas (PSBMK) di beberapa titik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Jamaludin menegaskan, pihaknya siap melaksanakan pencoblosan 9 Desember mendatang dengan menerapkan protokol kesehatan.

Meski demikian, Zamzam mengaku merasa khawatir karena ada 44 titik di tingkat RW yang saat ini terkena Pembatasan Sosial Berskala Mikro Komunitas (PSBMK).

“Ke 44 titik itu di dalamnya ada TPS yang akan digunakan oleh warga untuk menyalurkan hak pilih,” ungkapnya, Rabu (25/11/2020).

Kendati demikian, pihaknya khawatir akan terjadinya kerumunan yang menyebabkan penyebaran Covid-19.

"Dipindahkan tidak bisa, karena menurut aturan tidak bisa. Kami khawatir tapi kami maksimal nantinya menerapkan protokol kesehatan baik petugas maupun warga," ucap Zamzam,

Sementara itu, Ketua Harian Satgas penanggulangan Covid-19 Muhammad Zen menuturkan, karena ada 44 titik yang penyebarannya cukup tinggi, maka pemerintah menerapkan PSBMK.

Hal ini untuk melokalisir penyebaran dan juga mempermudah tracking kontak.

"Kita lakukan PSBMK, untuk menekan angka penyebaran. Mudah-mudahan nanti, sebelum pencoblosan semua bisa dikendalikan, " ujar Zen.

Selain menerapkan PSBMK, tambah Zen, satgas juga rutin setiap harinya selama satu bulan ke depan, menggelar operasi yustisi untuk menyadarkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Presiden RI Soft Launching Pelabuhan Internasional Patimban Subang
Awali 2021, Presiden RI Serahkan 584.407 Sertifikat Tanah
Lina Ruzhan Hadiri Gathering Mubes Club Ninja Bandung
Uu Ruzhanul: Tak Ada Persiapan Khusus Sebelum Divaksin COVID-19