Ingin Sejahterakan Warganya, Pemkab Sumbawa Berguru ke Kota Bandung

foto

-

Bandung | FaktaIndonesiaNews.com- INGIN memaksimalkan ekonomi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sampai tata kelola perkotaan, Pemerinta Kabupaten (Pemkab) Sumbawa berguru kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Kabupaten yang memiliki minuman khas susu kuda liar itu, datang ke Kota Bandung untuk studi tiru, Kamis (25 November 2021).

Rombongan diketuai oleh Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviani menyambangi Balai Kota Bandung dan diterima oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Bandung. Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviani mengaku, ingin menduplikasi sejumlah hal yang telah dilaksanakan Pemkot Bandung. Seperti soal ekonomi, UMKM, dan tata kelola kota.

“Kedatangan kita ke Kota Bandung untuk studi banding sekaligus mengetahui bagaimana roda pemerintahan yang dijalankan oleh Pemkot Bandung. Khususnya strategi dalam bidang ekonomi, UMKM sampai tata kelola kota,” tuturnya.

Ia mengakui, Kota Bandung menjadi daerah yang layak untuk dikunjugi. Pasalnya, berbagai usaha di Kota Bandung bisa memutarkan roda ekonomi bagi masyarakatnya. “Kita harap Kota Bandung bisa memberikan startegi juga caranya. Mudah-mudahan kita mampu menduplikasikan,” tuturnya.

Atas hal itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengucapkan selamat datang di Kota Bandung. Kepada rombongan dari Pemkab Sumbawa, wakil wali kota memaparkan kondisi demografi Kota Bandung. Selain itu, ia menjelaskan tentang pemulihan ekonomi yang tengah dilaksakan Pemkot Bandung setelah sempat terdampak Covid-19.

“Kota Bandung tentunya berupaya memulihkan ekonomi khususnya di masa panedemi Covid-19. Dengan harapan mampu meningkatkan indikator makro ekonominya,” tuturnya.

Kreativitas dan inovasi warga Bandung, cukup membantu pemulihan ekonomi saat ini. Hal itu menjadi salah satu solusi dalam upaya menciptakan efektivitas dan efisiensi. “Hadirnya kreativitas dan inovasi dalam menjalankan roda pemerintahan wajib diperlukan untuk menciptakan kesejahteraan warga,” katanya.

“Selama ini kami bantu pelatihan dari Dinas KUMKM lanjut pembinaan oleh Disdagin (Dinas Perdaganagn dan Perindustrian),” imbuhnya.

Tak hanya itu, Wakil Wali Kota Bandung juga mengungkapkan, Pemkot Bandung memberikan pendampingan soal pengemasan, nutrition facts, uji mutu.

"PIRT (Produksi Pangan Industri Rumah Tangga) kami bantu sertifikat halalnya sampai coaching juga goes to eksport,” bebernya.

Pemkot Bandung juga berkolaborasi dengan Dekranasda Kota Bandung dan beberapa pusat perbelanjaan untuk menggelar Pasar Kreatif. “Warga Bandung selalu berkreasi. Jadi ide kreatifnya muncul,” katanya.

“Intinya amati tiru dan modifikasi. Kita mengamati, jika sudah siap maka tiru dan modifikasi sebaik mungkin, insyallah berhasil,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Wabup Sumbawa diajak mengunjungi Bandung Command Center sebagai pusat data dan informasi Pemerintah Kota Bandung.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Bandung

Sony Teguh Prasatya

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Canggih, Kota Bandung Punya Peta Pintar Hingga Tingkat RT
Bertemu Dubes Ukraina, Ridwan Kamil Tawarkan Potensi Rebana dan Kopi Jabar
PERINGATAN HARI PAHLAWAN Monumen Perjuangan Pandemi COVID-19 Jawa Barat untuk Dedikasi dan Perenung
Forum Pembauran Kebangsaan Kab.Bandung Laksanakan Kegiatan Silaturahmi Pembauran Etnis Nusantara