Kolaborasi Jabar - Bali Bangkitkan Perekonomian Pascapandemi

foto

-

BALI, FaktaIndonesiaNews.Com -- Festival seni budaya bertajuk Bank Bjb Ubud and Beyond Festival 2022 resmi dibuka, di Puri Agung Ubud, Gianyar Bali, Rabu (24/8/2022) malam.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati membuka festival yang didukung penuh Bank Bjb.

Sempat vakum tiga tahun, Bank Bjb Ubud and Beyond Festival 2022 digelar untuk mendukung seniman dan pegiat budaya di Bali agar kembali bangkit setelah terdampak pandemi COVID-19.

Kang Emil -- sapaan akrab Ridwan Kamil -- dalam sambutannya menuturkan, Bank Bjb yang ia instruksikan menjadi sponsor utama pada event ini. Hal ini merupakan bentuk dukungan dalam wadah NKRI khususnya untuk kebangkitan ekonomi Bali yang belum sepenuhnya pulih pascapandemi.

Selain jadi ajang eksplorasi dan inovasi para seniman, festival tersebut juga menghadirkan pameran UMKM selama empat hari penuh di lapangan Astina Ubud.

"Yang mengikat kita cuma satu, kalau tidak bisa bersaudara dalam keimanan maka kita hidup bersaudara dalam kebangsaan, kalau kita tidak bisa bersaudara dalam kebangsaan maka kita bersaudara dalam kemanusiaan. Hadirnya Bjb di sini bagian dari itu," tuturnya.

Menurut Kang Emil, masyarakat Jabar memiliki sifat gotong royong yang sangat tinggi. Terlebih dari segi budaya Jabar dan Bali memiliki berbagai kesamaan. Termasuk dalam sejarah kerajaan tertua di Jabar yakni Tarumanegara yang ternyata ada kaitannya dengan masyarakat Bali.

"Gotong-royong adalah sifat Jabar dan kita punya sejarah panjang dan kemiripan dari segi kebudayaan. Jadi intinya malam ini saya sampaikan kalau Bali butuh apa-apa punya saudara namanya Jabar," sebutnya.

Untuk itu ia pastikan Bank Bjb akan tetap menjadi sponsor utama pada festival Ubud and Beyond berikutnya pada tahun mendatang.

Ubud and Beyond Festival 2022 akan diramaikan musisi kenamaan seperti Balawan Ethnic Fusion, Allfy Rev feat Novia, D' Ubud Band dan Undbrocken. Selain itu akan tampil Selonding Bentuyung, Napak Tuju, Sanggar Tedung, Ayu Ananta dan masih banyak lagi seniman lainnya.

Wagub Bali yang kerap disapa Cok Ace menghaturkan terima kasihnya atas dukungan penuh Bank Bjb yang tak lepas dari peran Gubernur Jabar.

"Yang Kang Emil dan Bank Bjb lakukan sesungguhnya adalah suatu tindakan real dari seorang ayah kepada anaknya, terima kasih ini luar biasa," ucapnya.

Dirinya berharap, kolaborasi Jabar-Bali dalam festival dapat meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Bali yang masih belum normal seperti sebelum pandemi. Seperti diketahui, Bali yang mengandalkan perekonomian pariwisata merupakan provinsi yang paling terdampak hingga pertumbuhannya sempat menyentuh angka minus 10 persen.

"Jabar PDRB-nya luar biasa 5,6 persen sekarang Bali baru 3,4 persen pasca- COVID-19. Mudah-mudahan ini jadi langkah yang baik dan kolaborasi ini bisa ditingkatkan di masa yang akan datang," harap Cok Ace.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Dansektor 2 Citarum Harum Melaksanakan Silaturahmi dan Rapat Koordinasi dengan Para Kades
Sektor 2 Citarum Harum Laksanakan Giat Patroli, Perawatan dan Pendataan Tanaman Serta Pemupukan Bios
Sektor 2 Citarum Harum Gelar Rakor Tentang PP No.47 Tahun 2015 Sebagai Pengganti PP No.43 Tahun 2014