Dukung Indonesia Perangi COVID-19, Sampoerna Donasi Ventilator dan APD Full Set

foto

Jakarta, FaktaIndonesiaNews.Com - Sejumlah pemerintah daerah memberikan apresiasi atas bantuan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) dalam membantu pemerintah untuk menekan laju penularan COVID-19, baik di tingkat nasional maupun daerah.

Kali ini dengan menyerahkan donasi berupa 14 unit alat bantu pernapasan buatan atau ventilator, 45.000 masker, 4.000 baju hazmat, 600 set alat pelindung diri (APD), dan 900 unit pelindung wajah (face shield) kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Pemerintah Kota Surabaya yang diwakili oleh Wali Kota Tri Rismaharini, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Gubernur Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bantuan tersebut membantu penanganan COVID-19 di wilayahnya. Pada Kamis (21/5) lalu, Sampoerna memberikan tiga unit ventilator, 5.000 masker, 1.000 baju hazmat, 100 set APD, dan 100 unit pelindung wajah kepada Pemprov Jatim melalui Yayasan Rumah Kita.

"Terima kasih Yayasan Rumah Kita yang memberikan bantuan tiga ventilator melalui gugus tugas provinsi," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur.

Didampingi Kepala pelaksana BPBD Jawa Timur Suban Wahyudiono dan Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Jatim, dr Joni Wahyuhadi, Khofifah, yang juga tokoh Muslimat, mengatakan alat-alat medis ini akan segera didistribusikan ke sejumlah rumah sakit rujukan.

Sementara itu Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat yang diwakili oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima langsung bantuan Sampoerna berupa 2 unit ventilator, 5.000 masker, 500 baju hazmat, 100 set APD, dan 100 unit pelindung wajah di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (20/5/2020).

Ridwan Kamil mengibaratkan dukungan yang disampaikan Sampoerna sebagai alat perang melawan virus Corona. "Tanpa bantuan ini, alat-alat perang (melawan COVID-19) terbatas," ucapnya di sela-sela serah terima donasi tersebut.

Dari Balai Kota Surabaya, Wali Kota Tri Rismaharini, yang menerima bantuan 3 unit ventilator, 250 baju hazmat, 50 set APD, dan 200 unit pelindung wajah, mengatakan, bantuan ini bermanfaat bagi tenaga medis.

Risma berharap banyak pihak yang terdorong untuk mengikuti langkah Sampoerna. "Ini akan membantu saudara-saudara kita, para tenaga medis, yang saat ini sedang berjuang untuk menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita," ujar Wali Kota perempuan pertama di Surabaya itu, Kamis.

Pada awal Mei 2020, Sampoerna juga telah memberikan bantuan sebesar Rp 5 miliar kepada Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI). Bantuan kepada para tenaga medis ini diserahkan oleh Elvira melalui Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia di Jakarta, Jumat (8/5).

Bantuan ini diberikan dalam bentuk alat-alat kesehatan, seperti masker bedah, masker N95, alat uji cepat (rapid test) COVID-19, baju hazmat, cairan disinfektan, dan alat penyemprot disinfektan. PERSI selanjutnya akan menyalurkan bantuan Sampoerna ke rumah sakit yang berada di wilayah Jawa Timur.

Secara terpisah, Direktur Sampoerna Elvira Lianita, mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bentuk dukungan Sampoerna terhadap instruksi Presiden Joko Widodo agar seluruh komponen bangsa, termasuk sektor swasta, membantu melandaikan kurva penularan COVID-19 secepat mungkin.

Elvira mengatakan, sejak Maret lalu, Sampoerna terus memberikan dukungan terhadap upaya-upaya memerangi pandemi COVID-19.

"Salah satunya dengan membantu Pemerintah Provinsi dan Kota/Kabupaten dengan memberikan bantuan APD full set untuk tenaga medis yang bertugas di garda terdepan serta mendonasikan mesin ventilator untuk beberapa rumah sakit setempat," ujar Elvira di Jakarta baru-baru ini.

Sebelumnya, sambung Elvira, Sampoerna juga telah bekerja sama dengan mitra CSR, Gugus Tugas, dan pemerintah daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Surabaya, Solo, Pasuruan, Karawang, Bali, dan lain-lan dalam menangani penyebaran COVID-19.

Beberapa kontribusi yang telah dilakukan antara lain membangun unit fasilitas cuci tangan, mendistribusikan alat pelindung diri (masker medis dan non-medis, serta baju hazmat), menyediakan alat semprot dan cairan disinfektan, membagikan cairan antiseptik tangan, serta mendistribusikan bahan pangan kepada masyarakat.

Ia menyebut, segala kontribusi ini sejalan dengan komitmen yang tercermin dalam "Falsafah Tiga Tangan", dimana Sampoerna secara berkelanjutan memberikan upaya terbaik bagi karyawan dan mitra usaha, konsumen dewasa, serta masyarakat luas.

"Kami berharap semua pihak dapat terus bekerja sama, bergotong royong, saling mendukung dan menyebarkan semangat kebaikan agar Indonesia dapat segera mengatasi pandemi ini dengan baik," tutup Elvira.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Indonesia Serukan Kedaulatan dan Keamanan Data dalam G20 Digital Economy Ministerial Meeting
Pasien Corona Sembuh di Secapa AD Bertambah, Kini Sisa 71 Orang
Provinsi Jabar Tindaklanjuti 89 Persen Aduan Masyarakat
KPK Periksa Kadis PU & Sekpri Wali Kota Banjar 2008-2013