Jelang Idul Adha, Disnakan Ciamis Terapkan Protokol Kesehatan di Pasar Ternak

foto

Kepala Dinas Peternakan Kab. Ciamis Syarif Hidayat

Ciamis – Faktaindonesianews - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah penjualan hewan ternak di tatar Ciamis mengalami peningkatan signifikan. Seiring dengan melonjaknya lalulintas hewan kurban Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis juga semakin meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan.

Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid – 19 Dinas Peternakan telah melengkapi pasar ternak dengan wastafel portabel di semua pasar. Diketahui ada 7 pasar ternak di Ciamis, yakni Panawangan, Banjarsari, Ciamis, Lakbok, Pamarican dan 2 pasar di Rancah.

“Kita terapkan protokol kesehatan, penyemprotan kendaraan ternak yang datang. Periksa suhu tubuh, dan semua yang ada di pasar ternak harus pakai masker dan jaga jarak,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Syarif Hidayat, Rabu (8/7/2020).

Selain itu kata dia pihaknya juga memeriksa kelengkapan surat keterangan kesehatan hewan.

“Kita juga ketat melakukan pemeriksaan hewan kurban di pasar ternak. Dan Alhamdulillah sejauh ini aman,” imbuhnya.

Dikatakan Syarif selain menerapkan jaga jarak terhadap penjual dan pembeli, patok pengikat tali juga diberi jarak lebih jauh.

“Patok penambat tali yang sebelumnya rapat, saat ini dibuat lebih jarang, kira – kira dua meter,” tuturnya.

Sebelumnya Dinas Peternakan dan Perikanan juga telah memberikan sosialisasi penyembelihan hewan kurban dengan bekerjasama dengan MUI Ciamis.

“Sosialisasi sudah kita lakukan, penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariat. Intinya kita mengedepankan moto Halal, Aman, Utuh dan Sehat (HAUS) disamping pemeriksaan postmortem dan antimortem,” terang Syarif.

Dia mengatakan hewan ternak yang dijual di Ciamis, diantaranya didatangkan dari Bogor, Bekasi, Depok, Tasikmalaya. Sedangkan asal hewan dari berbagai wilayah di Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
16 Warga Positif COVID-19, Pemkab Cirebon Terapkan PSBM di Plered
Gubernur Gowes Bareng, Jabar Bergerak Sosialisasi 3M dan Bagikan Masker
Polisi Gagalkan Penyelundupan 131Kg Sabu yang Akan di Pasok ke Cipulir
Agar Segera Berakhir, Warga Diimbau Tetap Disiplin Selama PSBM Cidadap