FAKTA ADS
FAKTA ADS

Warga Tak Disiplin Pakai Masker, Pempov DKI Akan Perberat Sanksi Kerja Sosial

foto

Jakarta, FaktaINdonesiaNews.Com - Pemerintah Provinsi (PemprovDKI Jakarta berencana memperberat sanksi kerja sosial bagi para pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Rencana itu akan diterapkan karena kasus positif Corona di DKI kembali meningkat akibat banyak warga tak disiplin menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker.

"Bentuk kegiatannya itu kita arahkan dalam rangka untuk lebih menegakkan terhadap pelaksanaan PSBB. Di mana saat ini kita rasakan mulai terjadi penurunan disiplin kepatuhan masyarakat kita untuk menggunakan masker," ujar Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/7/2020).

Arifin mengatakan petugas juga kini tengah diarahkan untuk menyiapkan lokasi untuk tempat sanksi kerja sosial. Maka, kata dia, apabila lokasi tempat terjadi pelanggaran itu sudah bersih, bisa dialihkan ke tempat lain.

"Maka saya katakan bahwa ketika kita akan memberlakukan kerja sosial kita harus menyiapkan tempat yang akan jadi arena untuk dibersihkan, itu sudah ditentukan uang memang betul-betul harus dibersihkan. Jadi kita arahkan ke sana. Kalau memang saluran ya saluran, membersihkan, tarik lumpur-lumpurnya," katanya.

Selain itu, kata Arifin, waktu kerja sosial akan ditentukan minimal 1-2 jam. Hal itu bertujuan agar masyarakat patuh dalam penggunaan masker.

"Memang berkaitan kerja sosial ini, kalau melihat dari data, sangat banyak warga yang terkena sanksi kerja sosial. Nanti kita akan evaluasi apakah sanksi kerja sosial ini terlalu ringan. Terlalu gampang sehingga tidak menimbulkan efek jera. Sekurang-kurangnya orang bekerja itu 1 hingga 2 jam. Kerjanya itu betul-betul membersihkan sarana prasarana umum. Bukan sekadarnya," katanya.

Menurutnya, pelanggaran yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat selama PSBB ialah penggunaan masker. Total, lebih dari 28 ribu pelanggaran penggunaan masker sejak 5 Juni hingga 19 Juli 2020.

"Untuk sanksi pelanggaran masker, itu seluruhnya yang terkena sanksi 28.759. dari mulai Juni sampai 19 Juli kemarin. Dari pelanggaran masker ini, mereka diberikan sanksi denda sebanyak 1.990 orang, kerja sosial ada 26.769," ucapnya.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jaga Kerukunan Bangsa, Pahami Nilai-nilai Agama dan Pancasila secara Menyeluruh
Wagub Bicara Si Caplang Hingga ke Desa
Perpanjang WFH, Menkominfo: Terapkan 4M dan Tetap Produktif
Pasien Sembuh Harian Melampaui Penambahan Kasus Positif Baru