FAKTA ADS
FAKTA ADS

Generasi Milenial Kabupaten Bandung Raih Prestasi Duta GenRe 2020

foto

Kab, Bandung, FaktaIndonesiaNews.Com -- Pandemi covid 19 tidak mematahkan semangat generasi milenial kabupaten Bandung untuk terus berprestasi. Pada perhelatan tahunan, ajang pemilihan Duta Generasi berencana (genre) dan apresiasi Bina Keluarga Remaja ( BKR) tingkat Provinsi Jabar tahun ini dilakukan secara virtual, 1 finalis asal kabupaten Bandung meraih juara 2.

Setelah melalui serangkaian seleksi, Duta GenRe Jabar tahun 2020 akhirnya terpilih. Ajang ini diikuti oleh 48 finalis dari 24 kota/ kabupaten se Jabar yang digelar Hotel Clop Garden Cimenyan.

Dari 31 finalis putra dan putri yang berasal dari 31 kecamatan, dua orang kemudian terpilih menjadi Duta GenRe mewakili Kabupaten Bandung. Keduanya adalah Ainun Lintang asal Kecamatan Baleendah dan Haikal Azizi asal kecamatan Bojongsoang. Namun yang berhasil meraih juara 2 hanya finalis putri.

Kepala Dinas pengendalian penduduk keluarga berencana dan pemberdayaan perempuan (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung H. M Hairun, SH., MH mengatakan, ajang lomba Duta genre merupakan salah satu bentuk program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja , melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan.

Dirinya sangat mengapresiasi karena dengan program tersebut, para remaja ini dapat melangsungkan kehidupannya dengan sangat terencana, seperti pendidikan, cita-cita dan karir dalam berprofesi serta pernikahan yang terencana sesuai siklus kesehatan reproduksi.

"Saya sangat bangga kepada para generasi milenial ini. Mereka akan menjadi role model bagi remaja lainnya dalam menata hidupnya yang terencana dengan baik. Apalagi program Genre ini juga memgedepankan pembentukan karakter bangsa.,"ungkapnya.

Bukan saja soal kehidupan terencana, kata Hairun. Para remaja ini, siberikan pemahaman mengenai dampak pernikahan dini, seks bebas dan bahaya menggunakan Napza. Dirinya berharap, melalui program Genre tersebut, akan lahir generasi milenial yang tangguh,dan dapat berkontribusi dalam pembangunan untuk nusa dan bangsa.

"Duta Genre ini nantinya memiliki tugas mensosialisasikan Kesehatan Reproduksi Remaja, di kalangan remaja atau anak sekolah. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan motivasi kepada pelajar tentang pentingnya program Genre sebagai bagian program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga ( KKBPK)"paparnya.

Kemudian menurut Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Rika SunjanaS.Sos, dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi, pendidikan, dan konseling di (Pusat Informasi dan Konseling) PIK Remaja, sangat tergantung pada kreativitas dan inovasi serta kapasitas remaja yang akan menjadi role model serta figure dengan dilakukan pemilihan apresiasi Duta Genre. Figur motivator inilah lanjutnya, yang akan menjadi wakil atau Duta GenRe.

" Dengan adanya Duta GenRe, sosialisasi dan promosi program GenRe di lingkungan remaja akan lebih efektif, karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja. Disamping itu, dengan adanya ikon Duta GenRe akan dapat memberikan nilai lebih dalam pelaksanaan sosialisasi dan promosi program Generasi Berencana," papar Rika

Sementara itu, ditemui di tempat berbeda, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Bandung Hj. kurnia Agustina Naser Yang juga sebagai Bunda GenRe Kabupaten Bandung menyebutkan permasalahan remaja merupakan permasalahan yang sangat kompleks. Mulai dari jumlahnya yang cukup besar hingga permasalahan seputar kesehatan reproduksi remaja. Dalam rangka merespon permasalahan remaja tersebut, BKKBN mengembangkan Program GenRe.

“Menjadi duta adalah penyambung lidah BKKBN kepada masyarat, khususnya kepada remaja, karena biasanya remaja lebih terbuka kepada temannya untuk berbicara tentang permasalahannya,"ucap Teh Nia sapaan akrabnya.

Dia menambahkan, sebagai ikon remaja, para duta ini diharapkan mampu membuat kehidupan remaja semakin baik. “Angka pernikahan dini menjadi berkurang, kenakalan remaja juga semoga berkurang,” imbuhnya.

Teh Nia berharap, program GenRe ini bisa didukung oleh semua pihak khususnya para orangtua yang memiliki anak remaja. "Generasi Milenial yang muda yang berencana. Mereka harus menjadi figure yang baik, ikut terlibat dalam melanjutkan pembangunan dan terus beradaptasi dengan perubahan yang teru menerus dinamis, "pungkasnya.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Deklarasi Internet Indonesia Lawan Hoaks, Aksi Bersama Wujudkan Demokrasi Sehat
Akibat Arus Pendek Listrik, Rumah Semi Permanen Musnah Dilalap Api
Pemerintah Apresiasi Pandangan Fraksi terhadap RUU PDP
Perpanjang WFH, Menkominfo: Terapkan 4M dan Tetap Produktif