FAKTA ADS
FAKTA ADS

3 Hari Berturut-turut Dataran Tinggi Dieng Berselimut Embun Es

foto

Banjarnegara, FaktaIndonesiaNews.Com - Fenomena embun es di Dataran Tinggi Dieng kembali terjadi, Minggu (26/7/2020). Suhu pagi ini mendekati minus 3,5 derajat celsius.

Munculnya embun es hari ini merupakan ketiga kalinya secara berturut-turut. Berdasarkan alat pengukur suhu udara thermometer, suhu udara terus turun dari hari Jumat (24/7) lalu. Yakni, 0 derajat, esko harinya turun menjadi minus 3 derajat dan hari ini mendekati minus 3,5 derajat celsius.

"Suhu udara hari ini di Dieng hampir minus 3,5 derajat celsius. Terutama di kompleks Candi Arjuna," terang Aryadi Darwanto, Kasubag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara saat dihubungi detikcom, Minggu (26/7/2020).

Embun yang membeku akibat turunnya suhu udara ini hanya terjadi di sekitar kompleks Candi Arjuna. Sehingga area perkebunan kentang milik warga masih aman dari bahaya embun es atau bun upas.

"Embun es ini baru di sekitar komplek Candi Arjuna. Tidak sampai ke kebun warga," ujarnya.

Ia menyebutkan, suhu udara di Dieng sudah mulai turun sejak Sabtu (25/7) malam. Pada pukul 20.00 WIB, suhu udara sudah mulai turun di bawah 10 derajat celsius.

"Suhu udara di Dieng sudah turun sejak malam harinya. Sekitar pukul 8 malam sudah di bawah 10 derajat celsius," kata dia.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Sekda Sebut Media Memiliki Peran Vital pada Masa Pandemi Covid-19
Pemerintah Tetapkan Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021
Mahasiswa Harus Jadi Agen Perubahan dan Junjung Tinggi Moralitas Sosial
BPS Canangkan Kesiapan Pendataan Lapangan Sensus Penduduk September 2020