FAKTA ADS
FAKTA ADS

Mensos Salurkan BST Gelombang Dua di Bandung

foto

Bandung, FaktaIndonesiaNews.Com - Bantuan Sosial Tunai (BST) gelombang dua atau tahap keempat mulai disalurkan Kementerian Sosial di Kota Bandung, Jawa Barat. Penyaluran ini dipimpin langsung oleh Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Nilai BST gelombang dua ini Rp 300 ribu yang diberikan masing-masing kepada sembilan juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama enam bulan. Terhitung sejak Juli hingga Desember 2020.

"Program ini merupakan kelanjutan dari BST sebelumnya dengan nilai sebesar Rp 600 ribu per bulan yang telah dibagikan melalui tiga tahap sejak April hingga Juni 2020. Jumlah anggaran yang kami gelontorkan untuk BST gelombang satu dan dua mencapai Rp 32,5 triliun rupiah," kata Juliari di Kota Bandung, Rabu (5/8/2020).

Ia mengungkapkan program ini digulirkan untuk membantu pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19 serta belum terdaftar sebagai penerima Program Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH). PKH yakni keluarga fakir miskin, rentan, narkoba, pemutusan hubungan kerja, Komunitas Adat Terpencil (KAT), lansia dan penyandang disabilitas.

"Para penerima adalah keluarga yang tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ataupun yang diusulkan pemerintah daerah (Pemda)," kata Juliari.

Menurut dia, total nilai BST untuk Kota Bandung tahun 2020 sebesar Rp 212.943.600.000 disalurkan kepada 59.151 KPM. Sedangkan total nilai BST yang disalurkan di Jawa Barat Rp 3.854.728.800.000 untuk 1.070.758 KPM.

"Kita harapkan mereka yang mendapatkan BST, khususnya di kota Bandung, bisa memenuhi kebutuhan dasar mereka," ucapnya.

Selain itu, untuk mempercepat penyaluran BST, sejumlah upaya telah dilakukan salah satunya dengan mengirimkan surat kepada pemerintah daerah kabupaten kota di seluruh Indonesia. "Kita telah bersurat kepada pemda atau pemkot untuk secepatnya memperbaiki data penerima BST. Kita juga telah mempermudah sistem update data di DTKS," tutur Juliari.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Markas Pejuang Covid-19: Dari Juliana, Rancabadak hingga Hasan Sadikin
Dandim 0624/ Kab. Bandung Bersama Forkopimda Lakukan Pengecekan Protokol Kesehatan
Uu Ruzhanul Resmi Tutup Gelaran MTQ ke-XXXVI Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2020
Wali Kota Minta Pelti Kota Bandung Lahirkan Atlet Berprestasi