Ridwan Kamil Resmi Daftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Corona

foto

Bandung, FaktaIndonesiaNews.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah resmi mendaftarkan diri sebagai relawan uji klinis vaksin COVID-19. Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari FK Unpad Eddy Fadlyana memastikan hal itu.

Eddy mengatakan, tidak mengetahui kapan dan bagaimana Ridwan Kamil mendaftarkan diri sebagai relawan. Namun yang pasti, nama pria yang akrab disapa Kang Emil itu sudah terdaftar dalam sistem pendaftaran.

"Betul. Sama dengan masyarakat biasa," kata dia saat dihubungi wartawan melalui ponselnya, Sabtu (8/8).

Kendati begitu, belum diketahui kapan dan di mana Ridwan Kamil akan divaksinasi. Pasalnya, nanti sistem yang akan menentukan jadwal dan lokasi penyuntikan vaksin dari Tiongkok tersebut.

Seperti diketahui, uji klinis vaksin akan dilakukan para 11 Agustus mendatang dan dibagi ke dalam enam tempat, di antaranya di FK Unpad di Dipatiukur dan Eyckman. Kemudian empat puskesmas diantaranya di Sukapakir, Dago, Garuda dan Ciumbuleuit.

"Nah, makanya itu kan lagi dimasukin ke dalam sistem, nanti baru ketahuan di mana tempatnya, hanya yang saya lihat namanya ada," ujarnya.

Hingga Jumat (6/8), telah terdaftar kurang lebih 800 relawan yang siap mengikuti uji klinis ini. Ditargetkan jumlah relawan mencapai 1.620 orang yang memenuhi syarat, yang di antaranya harus bebas dari COVID-19 dan berdomisili di Kota Bandung.

Sebelumnya, Kang Emil menyatakan kesiapannya untuk menjadi relawan uji klinis vaksin. Tak hanya dia, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana pun siap menjadi relawan.

"Kami para pimpinan sedang merumuskan, jika tidak ada halangan dari unsur kesehatan pribadi, maka saya dan Forkopimda akan menjadi relawan untuk pengetesan vaksin (COVID-19)" kata dia dalam konferensi pers di Makodam III/Siliwangi pada Senin (3/8) lalu.

"Kalau pimpinannya juga melakukan (jadi relawan vaksin COVID-19), Insya Allah rakyatnya juga akan meyakini proses vaksin ini berjalan dengan lancar," ucap dia

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kasus Positif COVID-19 di Karawang Bertambah Jadi 5.497 Orang
Perkuat Aplikasi PeduliLindungi dengan Fitur Layanan Telemedis
Diduga Lahan Kawasan Industri Digeruduk Para Penambang Ilegal, Ketua LSM KPMP Bangka Kayangkan Surat
Kelanjutan Penggunaan Filling Satelit Indonesia di Slot Orbit 113BT