Skyscraper
Skyscraper

Menkominfo Ajak Masyarakat Dukung UMKM/UMi

foto

Jakarta, FaktaIndonesiaNews.Com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berharap masyarakat dapat terinspirasi untuk terus mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ultra Mikro. Hal itu menurutnya dapat dilakukan dengan bangga dan beli produk buatan anak bangsa.

"Saya berharap masyarakat mendukung pelaku UMKM, Ultra Mikro, pengrajin dan seniman Indonesia dengan menggunakan, memanfaatkan dan bangga terhadap produk-produk buatan anak bangsa," ajaknya dalam saat menjadi pembicara dalam Seminar dan Bazar Online: UMKM Kreatif Menghadapi Peluang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru dan Sosialisasi Penggunaan Masker. dari Jakarta, Kamis (03/09/2020). 

Menteri Johnny mengakui dalam masa pandemi Covid-19 ini, pelaku UMKM dan UMi pasti menghadapi tantangan dan harus melakukan berbagai langkah adaptasi serta penyesuaian. "Termasuk tentunya mengalihkan kegiatan usaha dan ekonominya untuk bermigrasi dari UMKM konvensional menjadi UMKM digital," ungkapnya.

Oleh karena itu, menurut Menteri Kominfo, Pemerintah mendorong masyarakat membeli dan memanfaatkan produk hasil karya UMKM Ultra Mikro Indonesia  salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Pemerintah mendorong masyarakat membeli, menggunakan, dan memanfaatkan produk hasil karya UMKM Ultra Mikro Indonesia melalui buatan anak bangsa kita sendiri. Lebih dari itu, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia juga hadir untuk meningkatkan kesadaran konsumen Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital," paparnya. 

Menurut Menteri Johnny, UMKM dan UMi di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar menjadi soko guru ekonomi nasional.  “Hal ini mengacu pada rilis data dari Kementerian Koperasi dan UKM yang menyebutkan terdapat 64 juta lebih UMKM di Indonesia dan memberikan kontribusi yang besar setara dengan lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) kita,” tuturnya.

Menteri Kominfo menyebutkan saat ini migrasi UMKM konvensional ke UMKM digital sudah sebesar 9,4 juta UMKM. Meskipin demikian, Menteri Johnny tetap mendorong pula keterlibatan marketplace untuk mendukung migrasi pelaku UMKM konvensional.

"e-Commerce digital ekonomi Indonesia, marketplace, yang mendapat stimulus fiskal harus digunakan dan didorong untuk kepentingan UMKM Ultra Mikro Nasional dan jangan sampai platform-platform digital penyelenggara sistem elektronik kita digunakan oleh produk-produk bangsa-bangsa lain," tegasnya. 

Webinar dihadiri pula oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat, Wury Ma'ruf Amin serta Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo.

Hadir pula Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian; Sekjen Dekranas, Gati Wibawaningsih; Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Otto Manuhutu serta dan pengurus Dekranas Pusat dan Daerah termasuk Maria Anna Plate. 

Selain itu juga bergabung secara virtual kalangan pelaku usaha antara lain Inisiator Awadah Group, Yeni Wahid; Ketua Umum DPP IWAPI, Nita Yudi; dan Fashion Designer, Anne Avantie.

Seminar yang dibarengi dengan Bazar online tersebut menampilkan berbagai produk UMKM dari berbagai daerah di Indonesia binaan DEKRANAS. Peserta seminar juga diajak menyusuri produk-produk lokal di galeri online yang diwakili oleh tiga marketplace di Indonesia yakni BliBli, Shopee dan Tokopedia. Bazar online juga menghadirkan tiga perwakilan UMKM yang sudah memasarkan produknya secara online, yaitu pemilik Cahaya Natural, Amadeus Pribowo dan Pie Susu Dhian, Graciella Eunike Satriyo. 

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pemkot Bogor Gencarkan Tes Usap COVID-19
KPK Dorong Penyempurnaan Capaian MCP Pemprov Jabar
Launching ITBIS Lembah Dempo Berlangsung Meriah
7,60 Persen Masyarakat Indonesia Tidak Mau di Vaksin Covid-19