Merapi Siaga, Perbaikan Jalur Evakuasi Gunung Merapi Dikebut

foto

Klaten, FaktaIndonesiaNews.Com - Perbaikan jalan yang menjadi jalur evakuasi pengungsi Gunung Merapi di wilayah Klaten dikebut. Ruas jalan yang direhab itu dari Jalan Kemalang-Deles tepatnya di simpang tiga Dusun Kaliwuluh.

"Di ruas Sidorejo mulai Kaliwuluh nanti sampai di atas balai desa. Rencananya 10 hari selesai dan ini sudah dapat beberapa hari," jelas Kabid Bina Marga DPUPR Pemkab Klaten, Suryanto saat dihubungi detikcom via telepon, Sabtu (7/11/2020).

Suryanto menjelaskan meski saat ini Gunung Merapi berstatus Siaga proyek itu tetap harus dikerjakan. Sebab sudah terlanjur dilelang dan dikerjakan.

"Tetap kami selesaikan sebab sudah kontrak dan saat dikerjakan ada kenaikan status. Semoga Merapi aman dan rehab selesai sehingga jikapun ada evakuasi bisa lancar," harap Suryanto.


"Untuk ruas di Ngemplak Seneng dan Kepurun sudah selesai. Total rehab jalan-jalan tersebut tahun ini sekitar Rp 600 juta," jelas Suryanto.
Tidak hanya di Desa Sidorejo, rehab jalur evakuasi Merapi juga dilakukan di ruas Desa Ngemplak Seneng dan Kepurun, Kecamatan Manisrenggo. Ruas jalan menuju shelter pengungsian Desa Kebondalem Lor Kecamatan Prambanan itu sudah selesai.

Untuk kerusakan jalur di depan Pesanggrahan Objek Wisata Deles, Desa Sidorejo pihaknya tinggal menunggu proses lelang selesai.

"Pembangunan di Deles yang rusak menggunakan dana Bankeu provinsi. Ini tengah proses lelang semoga bisa terlaksana," kata Suryanto.

Terpisah, Kadus 3 Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Sudiyanto mengatakan rehab jalan itu dilakukan dengan penambalan aspal mulai dari bawah Dusun Kaliwuluh.

"Itu jalur evakuasi tapi tidak sampai atas. Yang perempatan ke arah Deles itu jalur galian C rusaknya berat," kata Sudiyanto ut rusak parah, evakuasi beberapa dusun dilakukan lewat jalur tengah. Termasuk warga Dusun Deles.

"Dari Dusun Petung, Deles dan Mbangan tidak lewat Deles ke bawah. Bisa lewat poros tengah terus ke bawah," jelas Sudiyanto.

Sementara itu, warga Dusun Karang Kulon, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang melihat perbaikan jalan itu sudah dikerjakan sekitar lima hari yang lalu.

"Baru yang bawah tapi jalan yang di atas belum. Ini jalur evakuasi Desa Sidorejo ke arah kecamatan sampai ke barak Desa Demak Ijo," jelas Sukijem 

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Kota Bandung Sosialisasikan KBPP
Taruna AAL Asal Babel Bertemu Danrem 045/Garuda Jaya
Kolam Retensi Gedebage Jadi Harapan Solusi Banjid di Kawasan Timur
Dandim 0624/Kab Bandung Hadiri Giat Pemusnahan Barang Bukti Perkara Tipidum