Ratusan Rumah Warga Sukaresik Tasik Kembali Diterjang Banjir

foto

KABUPATEN TASIK, FaktaIndonesiaNews.Com – Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari ini mulai menyebabkan bencana banjir di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Seperti Rabu (13/01) dini hari, ratusan rumah warga di Kecamatan Sukaresik kembali direndam air banjir luapan dari Sungai Cikidang dan Citarum.

Pantauan radartasikmalaya.com di lokasi, ketinggian air hingga Rabu sekira pukul 09.00 WIB mencapai lutut orang dewasa.

Seperti di Desa Bojong Soban, Sukaresik, warga yang tinggal di dataran rendah terpaksa mendapati rumahnya direndam air banjir.

“Setahun 3 kali banjir kang. Saya sempet beres-beres tadi jadi barang-barang aman, Alhamdulillah,” ujar Ali (31), warga Bojong Soban di lokasi banjir.

Terang Ali, banjir yang kerap melanda Sukaresik ini dipastikan dia dalam setahun terjadi 3 kali. Karena sudah rutin terjadi.

“Barang-barang aman kang, karena dinaikkan ke lokasi yang lebih tinggi. Kita sudah cepat antisipasi karena sudah rutin banjir tiap tahunnya,” terangnya.

Namun, keluh dia, hingga kini belum ada solusi konkrit untuk mengatasi banjir tahunan di Sukaresik dari pemerintah.

Padahal warga sudah bosan tiap tahun mengalami kebanjiran.

“Surutnya sekitar 2 sampai 3 hari. Belum ada solusinya kang. Sebelum ada benteng mah sempat cepat surutnya. Sekarang jadi gampang naik airnya tapi susah surutnya,” tambahnya.

Jelas dia, air banjir dari Sungai Cikidang dan Citarum ini membuat ratusan rumah warga terendam air banjir. Apalagi dialami warga setempat setiap tahun.

“Warga yang terdampak banyak, ada ratusan rumah. Tak hanya di sini (Bojong Soban). Ada di Cicalung juga, ya tersebar,” jelasnya.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Presiden Minta Hutan Sosial dan Hutan Adat Dikelola secara Produktif
Uu Ruzhanul Minta APDESI Pecut Kemajuan 5.312 Desa di Jabar
Ridwan Kamil Terpilih Sebagai Ketua Umum ADPM Periode 2020-2025
Kota Bandung Siap, Yuk Ikut Vaksinasi Covid-19