Kota Bandung Siap, Yuk Ikut Vaksinasi Covid-19

foto

Bandung, FaktaINdonesiaNews.Com -- SEIRING dimulainya vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung juga memastikan siap melaksanakannya. Rencananya vaksinasi di Kota Bandung akan dimulai pada Kamis (14 Januari 2021) di RSKIA Kota Bandung.

Vaksinasi tahap pertama di Kota Bandung berlangsung hingga April 2021 mendatang. Sebelumnya, Pemkot Bandung juga telah menggelar simulasi vaksinasi Covid-19.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota, Yana Mulyana memberikan dukungan penuh terhadap program vaksinasi ini, walau keduanya tidak akan divaksin karena pernah terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Ahyani Raksanagara mengungkapkan, vaksinasi di Kota Bandung ini merupakan tindak lanjut ditetapkannya Covid-10 sebagai bencana non alam. Negara menganggap perlu adanya intervensi lain selain protokol kesehatan agar masyarakat lebih terlindungi dari wabah Covid 19. Salah satunya yaitu vaksinasi Covid-19.

Ahyani menjelaskan, tujuan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh rakyat Indonesia, yaitu membentuk kekebalan kelompok dan menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19. "Termasuk juga melindungi dan memperkuat sistem Kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi," jelas Ahyani di Balai Kota Bandung, Rabu (13 Januari 2021).

Sebagai tahap awal, orang-orang yang bakal menerima vaksin Covid-19 yaitu tenaga kesehatan dan penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan. Kemudian disusul oleh para pelayan publik yang rentan tertular. Di antaranya anggota TNI, Polri, Satpol PP, petugas bandara, pelabuhan, kerata api, guru, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Selanjutnya masyarakat rentan geopasial, pelaku sosial dan ekonomi dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin (termasuk pendekatan berbasis keluarga). "Termasuk Lansia dengan komorbid terkontrol," kata Ahyani.

Dikatakannya, Pemkot Bandung pada H-1 vaksinasi telah mempersiapkan 191 fasilitas kesehatan untuk pelayanan vaksinasi, dan vaksin di Dinas Kesehatan siap didistribusikan sesuai alokasi di fasilitas kesehatan. "Hingga saat ini sudah siap 449 vaksinator yang telah terlatih, logistik juga siap"

Ahyani mengungkapkan, setiap calon penerima vaksin yang telah menerima SMS vaksinasi dari Kemenkes, diharapkan agar hadir sesuai jadwal yang telah ditentukan. "Suntik vaksin virus corona penting untuk mengurangi penyebaran Covid-19," tegasnya.

"Namun, meski sudah mendapat suntikan vaksin virus corona, protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak harus tetap dilakukan," imbuhnya.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Knalpot Bising & Bector di Kota Tasik Terus Dirazia Polisi
Polresta Tangerang Ringkus Sindikat Pencurian Mobil, Salah Satu Tersangka Miliki 2 Senjata
Bupati Garut Lakukan Kunjungan Kerja ke Wilayah Garut Selatan
Ubah Kebijakan Privasi, Kominfo Minta Platform WA dan FB Terapkan Pelindungan Data Pribadi