Waspada!!! Kejahatan Cyber Bajak Nomer Whatsap dan Meminta Uang

foto

-

SERANG, FaktaIndonesiaNews.com-- Kejahatan Cyber rupanya marak terjadi baru-baru ini. Sepeti terjadi pada salah satu wartawan media online perkasanews.online (Akmal), dimana nomor WhatApp nya di bajak oleh orang tidak dikenal, Selasa (2/3/2021).

Kepada awak media, Akmal menjelaskan, jika sebelumnya dirinya mendapat telepon dari nomor +172035841XX pada pukul 07.13 WIB, seketika telpon mati tiba-tiba muncul notifikasi nomor password, saat di masukan seketika WhatsApp mati.

"Jadi setelah Telpon saya tutup, aplikasi WhatsApp tidak bisa buka. Namun nomor WhatApp tetap aktif dan di kendalikan oleh pihak lain, yang sama sekali saya tidak tahu," jelas Akmal.

Kemudian, lanjutnya, nomor WhatApp milik saya menghubungi nomor kontak yang ada di pertemanan WAG dan pribadi dengan menanyakan kabar lalu meminta bantuan berupa uang atau pulsa.

"Jadi nomor WhatApp saya diduga digunakan untuk menipu menggunakan atas nama saya, dengan cara meminta tolong dengan mengirimkan nomor rekening Mandiri ke setiap kontak WhatsApp," terangnya.

"Saya minta kepada semua rekan yang ada di pertemanan WAG atau WhatsApp pribadi agar jangan merespon jika ada pesan dari nomor tersebut (0813244446XX) karena WhatApp ini telah dibajak oknum tidak bertanggungjawab," imbuhnya.

Akmal mengimbau, kepada masyarakat agar berhati-hati menggunakan smartphone android, karena ternyata kita mudah di bajak dan gunakan untuk kejahatan. Baik itu berpura-pura meminjam uang atau meminta bantuan lainnya.

"Pesan saya jangan sesekali percaya terhadap pesan yang kirim dari nomor yang kita kenal, jika kalimat yang dikirim beranda aneh atau meminta sesuatu, maka agar dikonfirmasi kepada yang bersangkutan terlebih dahulu, sehinga tidak menjadi korban penipuan," tandasnya.

(*)

Bagikan melalui
Berita Lainnya
20 Calon Pimpinan Nasional Studi Strategis Ke Babel
Gerakan Pormasi Cikoja Kabupaten Serang Menuai Hasil Optimal Dalam Membantu Dede Arya
Latihan PPGD Pengenalan Tourniquet Personel Yon A Resimen 1
Paska Penyerangan Mebes, Polres Turunkan 100 Personel Perketat Keamanan