Panen Perdana Bawang Merah Di Lahan Kebun Deplot Oleh Bupati Bangka

foto

-

Bangka, FaktaIndonesiaNews.Cim -- Panen perdana bawang merah kebun demplot dilahan samping bangunan Stipol Pahlawan 12 oleh Bupati Bangka Mulkan", Jum'at (11/06/2021).

Dihadiri Sekda Bangka Andi Hudirman, para Asisten Bupati Bangka, dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka, camat, lurah, Direktur Perumda Tirta Bangka, Ketua PKK Kabupaten Bangka, Ketua GOW, Dharma Wanita Kabupaten, serta undangan lainnya.

Elius Gani Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka,  mengatakan, tanaman bawang merah selama ini identik sebagai tanaman produk dari Brebes,

Saat ini kebutuhan bawang merah di daerah kita sebagian besar masih dipasok dari luar. 

Sejak tahun 2020 lalu kita coba menanam bawang merah ini dan berhasil karena cocok juga dengan lahan yang dimiliki sejumlah kelompok tani yang ada di kecamatan-kecamatan sebelumnya di Kecamatan Puding Besar, Riau Silip juga sudah melaksanakan panen bawang merah.

Sehingga Bupati Bangka ingin mencoba untuk di lahan yang belum pernah ditanami tanaman pertanian, seperti bekas lahan semak-semak atau tingkat kesuburan yang rendah.

"Alhamdulillah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkab Bangka mencoba membuat kebun demplot untuk ujicoba di lahan yang tingkat kesuburannya kurang dan ternyata cukup baik hasilnya," jelas Elius Gani.

Bupati Bangka Mulkan dalam sambutannya mengatakan saya ingin Pemkab Bangka ini bisa memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kita mampu mengembangkan budidaya bawang merah di Kabupaten Bangka, bahwa tanaman bawang merah ini bisa tumbuh baik dan cocok dikembangkan disini.

Diakuinya  bawang merah ini merupakan salah satu kebutuhan bumbu dapur yang sangat penting dan hampir digunakan setiap hari untuk keperluan memasak, karena itu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian harus mendorong para petani agar bisa mengembangkan pertanian bawang merah dengan memberikan pembinaan yang intens kepada masyarakat melalui PPL yang sudah memiliki ilmu dan kemampuan yang mumpuni soal tanaman bawang merah ini.

"Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua OPD dan stakeholder lainnya yang sudah kompak dan terus menjaga kebersamaan dan inovasi bagi perkembangan daerah kita, hal ini menunjukkan kalau Pemkab Bangka memiliki SDM yang berkualitas",Jelas Mulkan Bupati

Bangka.    

(WAWAN)

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Panglima TNI dan Kapolri Pantau Pelaksanaan Vaksinasi di Madiun - Jawa Timur
Ops. Bina Kusuma, Polres Serang Kota Amankan Belasan Anak Jalanan
437 Anggota Keluarga Group 1 KOPASSUS Melaksanakan Vaksin Tahap 1
Baksos Donor Darah Personel Resimen 1 Paspelopor, Selamatkan Nyawa Orang Lain