Hasil Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Ciamis Capai 59,65 Persen

foto

-

Ciamis, FaktaIndonesiaNews.Com – Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Rabu (24/11/2021).

Evaluasi tersebut diikuti oleh seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Camat dan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kabupaten Ciamis.

“Capaian vaksinasi dosis 1 Kabupaten Ciamis per-23 November 2021 mencapai 59,65 persen dan dosis 2 baru 29,53 persen. Kita targetkan akhir bulan Desember vaksinasi mencapai 70 persen, ” kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memimpin Rakor evaluasi vaksinasi.

Upaya mempercepat vaksinasi, ia menyarankan untuk melaksanakan strategi door to door kepada masyarakat agar capaian vaksinasi meningkat.

“Kita harus door to door kepada masyarakat untuk mempercepat target vaksinasi, ” ucapanya.

Menurut Herdiat, masalah vaksinasi masih banyak desa yang jauh dari standar, sehingga perlu dilakukan pendekatan kepada masyarakat secara masif.

“Perhatikan langkah mendorong masyarakat untuk mengajak vaksinasi. Lakukan dengan pendekatan yang baik,” imbuhnya.

Pemkab Ciamis Bersiap Terapkan PPKM Level 3 Saat Nataru

Dalam menghadapi hari Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kabupaten Ciamis akan mengikuti Keputusan Pemerintah Pusat. Diantaranya menerapkan PPKM Level 3.

“Tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 seluruh Kabupaten Kota di Indonesia akan diberlakukan kembali PPKM level 3,” kata Herdiat.

Berkaca dari situasi Nataru tahun 2020, di Kabupaten Ciamis cenderung sepi. Hanya arus lalu lintas yang meningkat. Sehingga Bupati Ciamis memilih untuk memperketat tempat wisata Ciamis.

“Upaya menghindari terjadinya gelombang ke-3 Covid-19, kita akan memperketat penerapan prokes di tempat wisata di Kabupaten Ciamis, ” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Yoyo telah menyusun strategi untuk percepat vaksinasi di Kabupaten Ciamis.

Strategi tersebut diantaranya, memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi dosi 1 di awal Desember 2021 mendatang.

"Kita akan fokus pada dosis 1, hal ini dilakukan agar target capaian 70 persen tercapai maksimal akhir Desember, ” ucapanya.

Dikarenakan sasaran vaksin mulai sulit, ia pun akan mengupayakan vaksinasi menjangkau door to door.

Lebih lanjut, Yoyo pun mengajak seluruh OPD agar mensosialisasikan terkait keamanan vaksin untuk digunakan.

“Masyarakat mulai pilih-pilih vaksin, sosialisasi perlu ditingkatkan terhadap masyarakat terkait keamanan vaksin, ” tambahnya.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Satlantas Polresta Tangerang Berturut-turut Meraih Predikat Terbaik Se-Polda Banten
Anggota DPR RI Komisi IX Ir. Sri Meliayana Gelar Sosilisasi 4 Pilar Kebangsaan
Pasca Banjir Bandang Diwilayah Sukawening, Dandim 0611/Garut Langsung Terjun Kelapangan
Peringati Hari Ikan Nasional ke-8, Disnakan Kabupaten Ciamis Gelar Pameran Hasil Olahan Ikan