Penyaluran BPNT Desa Karang Ampel, Warga Harapkan Kualitas dan Harga Komoditi Berimbang

foto

-

Ciamis, FaktaIndonesiaNews.Com - Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sembako dan subsidi minyak goreng (migor) sebesar Rp 500.000 di beberapa Desa di Kabupaten Ciamis sudah resmi di salurkan.

Seperti di Desa Karang Ampel Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis sebanyak 486 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah merasakan bantuan itu.

"Di Karang Ampel ada 486 KPM, kita tidak mengarahkan, masyarakat bebas yaa mau belanja ke mana saja tugas kita hanya menyalurkan uang Rp 500 ribu," kata Sekretaris Desa Karang Ampel, Darman Hidayat saat ditemui, Senin (18/4/2022).

Walaupun di sediakan beras dan Minyak Goreng di Badan Usaha Minyak Desa (Bumdes), Darman menegaskan bahwa Masyarakat tidak diharuskan untuk belanja di Bumdes.

"Setelah mendapat uang Rp 500 ribu masyarakat bebas membelikan nya di mana saja, asal sesuai dengan perturan yakni harus membeli migor dan beras," ungkapnya.

Pernyataan itu dibetulkan oleh salah satu KPM, Ibu Omoh yang mengaku bahwa tidak ada paksaan harus berbelanja di Bumdes. Pihak Desa tidak mengarahkan.

"Alhamdulillah bantuannya udah dapat Rp 500 ribu, tidak ada pengarahan ini keinginan saya untuk belanja di Bumdes," kata dia.

Akan tetapi, lanjut Omoh dirinya harus membayar Rp 275 ribu untuk membeli 5 kemasan migor 900 Mili dan 12 Kilogram Beras di Bumdes.

"Kalau beli di warung harga minyak untuk satu kemasan ukuran 900 mili Rp 24 ribu disini kayaknya dihitung Rp 25 ribu, terus berasnya kalau dihitung-hitung jadi Rp 150 ribu untuk 12 Kilogram," ungkapnya.

Dia juga berharap kedepannya agar lebih diperhatikan jika ada penyaluran bantuan sembako, terlebih dari sisi kualitas dan harga komoditi.

"Ini juga beras biasa bukan premium, belum tau kalau udah di bersihin bagus apa jelek dengan harga segitu," pungkasnya.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
bank bjb Kolaborasi dengan Taspen Kelola JHT, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian
Desa Sukawening Ciamis Mulai Cairkan Insentif Untuk Posyandu
Polsek Cipaku Polres Ciamis Polda Jabar Hadiri Sosialisasi Mitigasi Bencana di Desa Buniseuri
Wakapolres Ciamis Lakukan Pengecekan Personel di Pos Pelayanan Karangkamulyan Operasi Ketupat Lodaya 2022 Polres Ciamis