Polsek Panumbangan Polres Ciamis Polda Jabar Lakukan Pengecekan Hewan Ternak di Dusun Pamekaran

foto

-

Faktaindonesianews.com, Ciamis - Personel Polsek Panumbangan Polres Ciamis Polda Jabar melakukan pengecekan hewan ternak sapi di lokasi Penggemukan Sapi Milik Sdr. Dedi alamat Blok Tajur Dusun Pamekaran Rt.004 Rw.002, Desa Payungagung, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (19/5/2022).

Pengecekan tersebut dilaksanakan oleh anggota Bhabinkamtibmas Desa Payungagung Bripka Atep Didin. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan hewan ternak di wilayah Kabupaten Ciamis khususnya di Desa Payungagung tidak terpapar wabah penyakit mulut dan kuku.

Kapolsek Panumbangan Iptu Ajat Rudiyatun mengatakan, pengecekan yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas di tempat penggemukan hewan ternak kambing/domba merupakan bagian dari upaya Polri mendukung Pemerintah dalam pencegahan meluasnya wabah PMK. Sehingga ketika mengetahui ada yang terindikasi wabah itu bisa segera ditangani agar tidak meluas di Kabupaten Ciamis.

"Total ada 6 ekor sapi yang melakukan proses penggemukan. Semua hewan ternak itu dalam keadaan kondisi sehat dan tidak terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku," katanya.

Kapolsek Panumbangan berpesan kepada para pemilik peternakan hewan ternak untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan meluasnya wabah PMK. Salah satunya yakni berani meminta bantuan penanganan pencegahan berupa suntik vaksin PMK jikalau hewan ternaknya kurang sehat dan lain sebagainya.

"Jangan takut untuk melaporkan kepada petugas dilapangan, khususnya anggota Bhabinkamtibmas Polsek Panumbangan. Kami siap membantu untuk menjadi penghubung warga dengan Dinas terkait dalam penanganan wabah PMK pada hewan ternak. Polri bersinergi dengan pemerintah untuk mengentaskan permasalahan wabah PMK khususnya di wilayah hukum Polres Ciamis," pungkasnya.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Sat Brimob Polda Jabar Amankan Pertandingan Persib VS Persebaya
Untuk Keselamtan Eril, Wakil Bupati Ciamis Melaksanakan Doa Bersama Di Halaman Pendopo
Exspo Pendidikan di Ciamis, Bupati : Harus ada Kurikulum Untuk Sejarah
Pemkot Pangkalpinang Kembali Raih Opini WTP Lima Kali Berturutan