Skyscraper
Skyscraper

DPRD DKI Gelar Rapat Bamus Hari Ini, Bahas Penentuan Pemilihan Wagub

foto

Jakarta, FaktaINdonesiaNews.Com -- DPRD DKI Jakarta akan menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) hari ini. Rapat Bamus akan membahas penentuan pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta di tengah pandemi virus Corona.

"Besok (Kamis, hari ini--red) kami akan Bamus. Iya, besok penentuan (pemilihan wagub)," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarata dari F-PAN Zita Anjani kepada wartawan, Rabu (25/3/2020) malam.

Zita mengatakan DPRD DKI menghadapi pilihan sulit karena adanya ancaman penularan COVID-19. Di sisi lain, menurut Zita, belum diketahui kapan pandemi Corona ini akan berakhir.

Menurut Zita, dengan ketidakpastian pandemi Corona ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membutuhkan sosok wakil gubernur. Karena itulah, menurutnya, anggota DPRD harus siap melaksanakan pemilihan wagub DKI di tengah pandemi Corona.

"Kita nggak tahu apa yang terjadi ke depan, bisa saja saya kena, Pak Ketua DPRD, atau Pak Gubernur. Siapa pun berisiko. Tapi warga Jakarta tidak boleh berisiko. Itu prinsip saya. Pemerintahan harus jalan. Pak Gubernur perlu wakil, terlebih lagi saat ini! Lebih dibutuhkan lagi," ujar Zita.

"Jadi kami bukan mau pesta, kondangan, atau gelar konser. Ini gelar pemilihan untuk wakil Pak Anies. Terlebih lagi, kami mengorbankan keselamatan demi tugas yang sudah diamanatkan dalam UU. Kalau tugas negara, harus siap," lanjut dia.

Zita mengatakan fraksinya akan kompak memilih untuk tidak menunda proses pemilihan wagub DKI. Menurutnya, proses pemilihan itu harus dilakukan secepatnya.

"PAN kompak insyaallah mendukung proses ini diadakan secepat-cepatnya. Kalau memang pada akhirnya harus memilih, buat apa tunda-tunda," tegasnya.

Seperti diketahui, ada dua cawagub DKI, yaitu Ahmad Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari PKS. Pemilihan wagub DKI sedianya dilakukan pada Senin (23/3) lalu, namun ditunda.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Menanti Tandem Anies di DKI dan Pesan Jangan Baperan Sandi
DPR Minta TNI Siaga Bantu Penanganan Virus Corona
Menkopolhukam: Pelaksanaan Pilkada Tetap Berjalan Sesuai Jadwal
Mahfud: Penegakan Hukum Jangan Terpengaruh Politik