Skyscraper
Skyscraper

2 Bapaslon Independen Belum Penuhi Syarat Minimal Dukungan Pilbup Cianjur

foto

Cianjur, FaktaIndonesiaNews.Com - Dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Cianjur dari jalur perseorangan tak lolos syarat minimal jumlah dukungan. Namun keduanya masih memiliki kesempatan di masa perbaikan.

Dalam pleno terbuka rekapitulasi dukungan hasil verifikasi faktual bapaslon perseorangan tingkat Kabupaten, pasangan M Toha-Ade Sobari jumlah dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 64.716 dukungan. Sementara itu pasangan Dadan Supardan-Irfan Helmi Khadafi hanya mampu mengumpulkan dukungan sebanyak 50.918.

"Jadi dari hasil verfak, dua bapaslon perseorangan ini tak lolos syarat minimal dukungan sebanyak sebanyak 108.354 dukungan," kata Komisioner KPU Cianjur Rustiman usai rapat pleno di Aula KPU Cianjur, Jalan Suroro, Senin (20/7/2020).

Dia mengungkapkan, banyak data dukungan yang tidak memenuhi syarat yakni saat didatangi petugas tidak di alamat tersebut, tidak merasa mendukung, dan faktor lainnya. Namun pihaknya memberikan waktu perbaikan kepada dua bapaslon dari 25-27 Juli 2020.

Namun, Bapaslon dan timnya harus menyerahkan syarat dukungan dua kali jumlah kekurangan. Nantinya dokumen perbaikan akan kembali diverifikasi faktual oleh tim di lapangan.

"Sudah bisa diproses mulai besok perbaikannya, untuk penyerahan pada 25-27 Juli. Dengan jumlah dukungan dua kali kekurangan. Untuk lebih amannya, bisa lebih dari ketentuan itu, dikhawatirkan ada yang tidak memenuhi syarat," ucapnya.

Di sisi lain, Beni Rustandi, Ketua Tim Sukses Bapaslon Toha-Ade Sobari mengatakan pihaknya sudah menyiapkan data dukungan untuk perbaikan. Bahkan rencananya jumlah dukungan akan lebih dari dua kali kekurangan.

"Kami sudah siapkan, dalam lima hari ini tim juga akan menambah lagi dukungan agar lebih dari dua kali kekurangan dukungan atau di atas 80.000 ribu dukungan," tuturnya.

Sekadar diketahui, ada dua Bapaslon jalur independent yang masuk dalam tahap Verfak. Keduanya ialah Muhammad Toha-Ade Sobari dengan jumlah dukungan 121 ribu dan pasangan Dadan Supardan-Irfan Helmi Kadafi syarat dukungan perseorangan sebanyak 119 ribu.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Gubernur Jabar Minta KPU Tindak Tegas Paslon Pelanggar Protokol Kesehatan
Gubernur Jabar Minta Tidak Ada Keramaian di Pilkada Serentak 2020
1.033 ASN Kota Bandung Akan Naik Pangkat
Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Tisna Umaran Lantik 46 Pejabat Fungsional