Pilkades Serentak dan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) Tahun 2021' diKabupaten Tangerang

foto

-

Kabupaten Tangerang, FaktaIndonesianews.com-- Dari 27 Kecamatan se-Kabupaten Tangerang sebanyak 77 Desa melangsungkan Pilkades Serentak dan 6 Desa melaksanakan PAW untuk memilih Kepala Desa (Kades) definitif.

Dalam gelar demokrasi Desa ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang menentukan tahapan "Pilkades Serentak" di bulan April 2021 dan pemungutan sekaligus penghitungan suaranya di bulan Juli 2021 mendatang.

Pilkades Serentak diselenggarakan karena berakhirnya periodisasi atau masa bakti jabatan Kades, sedangkan PAW dikarenakan kekosongan pejabat definitif Kades dan sesuai ketentuan peraturan mengharuskan dilangsungkan PAW.

Sebelum dilakukan penjaringan dan penyaringan Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades), para Kandidat Balon Kades diwajibkan mengikuti Test Kesehatan/Medical Check-Up (MCU) pada Rumah Sakit Pemerintah yang ditentukan.

Selanjutnya, syarat kesehatan tersebut menjadi bagian kelengkapan persyaratan pencalonan Kandidat untuk mendaftar sebagai Balon Kades.

Berikutnya Balon Kades yang dinyatakan memenuhi syarat pencalonan akan mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) berupa Computer Assisted Test (CAT).

Ahmad Suhud, Direktur Eksklusif Lembaga Swadaya Masyarakat Badan Pengawas Penyalahgunaan Aset dan Anggaran Negara (LSM BP2A2N) mengapresiasi metode yang baik dalam menjaring pemimpin Desa yang berkompetensi dan berkualitas.

Dia berharap, agar tidak ada intervensi pihak-pihak luar terhadap pelaksana tes kesehatan/MCU dan tes kompetensi dasar/CAT.

Ditempat terpisah, Drs. H. A. Sugianto Ali A. Selaku Ketua Cabang Pengurus Paguyuban Pasundan Kabupaten Tangerang, menyatakan bahwa tes kesehatan (MCU) sepenuhnya kewenangan Tim Medis Rumah Sakit dan test kompetensi dasar (CAT) adalah kewenangan Tim Independen sesuai keahliannya.

Muslim selaku Ketua DPC MOI Kabupaten Tangerang menuturkan, baik dalam hal MCU maupun CAT adalah bentuk kesiapan, kondisi dan performance para Kandidat Balon Kades masing-masing, tentunya dalam MCU tersebut bila sehat pastinya Tim Medis menyatakan sehat demikian sebaliknya. Begitupun dalam CAT bila yang bersangkutan memiliki potensi kemampuan, kecakapan, pengetahuan dan wawasan yang terbaik tentu akan mendapat hasil yang baik.

Diharapkan dalam test kompetensi dasar nantinya, Tim Independen langsung memberikan penilaian yang obyektif, akuntabel dan transparans serta nantinya para Kandidat menerima dengan lapang dada, harapnya.


««@MH

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jelang 100 Tahun Pendidikan Tekstil Indonesia, Kemenperin Siapkan PIDI 4.0
Pemkab Garut Umumkan 6 Calon JPTP Hasil Seleksi Terbuka
Ir. Sri Meliyana Anggota Komisi IX DPR RI Laksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan
Bakal Calon Kepala Desa Parigi, Sukadarsono siap maju di Pilkades Serentak 2021