Masuk Zona Merah, Kesadaran Masyarakat Masih Rendah Terapkan Prokes

foto

TASIKMALAYA, FaktaIndonesiaNews.com – Masuk kategori Zona merah, tingkat kesadaran masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya masih sangat rendah akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan secara konsisten. Hal itu akan menjadi faktor penyebab kasus Covid-19 masih akan terus terjadi.

Hal ini dapat dilihat saat operasi yustisi yang digelar oleh Satgas Penanggulangan Covid-19 dari unsur TNI, Polisi, Satpol PP dan Dishub di depan Masjid Agung Baitulrahman, Jalan Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna, Kamis (26/11/2020).

Dalam operasi yustisi itu, banyak warga pengguna kendaraan baik roda 2 maupun 4, yang tidak menggunakan masker. Mereka pun didata dan diberi sanksi sosial berupa push up.

"Kesadaran masyarakat masih rendah, setiap kali operasi yustisi, banyak warga yang terjaring karena tidak menerapkan prokes," ujar Kasi Pembinaan Pengawasan dan Pengaduan Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya Undang Sudiarto sesuai pelaksaan operasi yustisi.

Tidak hanya memberikan sanksi, kata Undang, tim Satgas juga memberikan masker secara gratis bagi warga yang kedapatan tidak menggunakan masker. Artinya, selain penindakan, edukasi juga diberikan kepada masyarakat.

"Kita juga berikan masker secara gratis. Sekaligus kita ingatkan warga untuk selalu pakai masker, " ucap Udang. Ahmad (34) salah satu warga yang kedapatan tidak menggunakan masker menuturkan, ia sering lupa menggunakan masker karena belum terbiasa. Ia pun tidak mengetahui jika kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya tinggi.

"Lupa pak, belum biasa jadi lupa. Terima kasih saya sudah diingatkan. Saya disanksi engga apa-apa, kebaikan juga buat saya," kata Ahmad.

Bagikan melalui
Berita Lainnya